9 Cara menyenangkan Melatih Anak Berpuasa dan Manfaatnya

Kamis, 13 April 2023

Bulan Ramadan bulan penuh ampunan dan keberkahan. Aktifitas sehari-hari yang kita biasa lakukan akan dinilai sebagai amalan yang mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. Temasuk mengajarkan anak berpuasa. 


Jika ayah bunda bisa sabar dalam mengajarkan anak berpuasa, maka pahala jariyah akan mengalir ke dalam pundi-pundi tabungan amal ayah bunda, masyaallahu tabarakallahu, betapa beruntungnya. Lalu bagaimana cara mengajarkan anak berpuasa dengan cara yang menyenangkan? Tentunya menyenangkan untuk anak juga untuk kita orang tuanya.


cara mengajarkan anak berpuasa


Meski mengajarkan si kecil berpuasa itu bukan perkara yang mutlak gampang. Lho, kok bisa?  Kadang, kan si kecil seringnya bikin drama-drama dan tingkah unik yang terkadang bikin nyebelin menguji kesabaran tetapi juga terkadang lucu dan bikin gemas. Menurutku ini jadi tantangan dan juga hiburan buat ayah bundanya.


Macam-macam pokoknya tingkah polah si kecil. Tapi karena keanekaragaman sikap dan sifat anak ini lah, bikin kita para orang tua jadi banyak belajar, berpikir, meracik ramuan yang pas dalam bersikap untuk memberikan pendidikan dan pembelajaran kepada anak-anak kita tercinta.


Khususnya dalam pembelajaran puasa, sebagai orang tua kita harus memahami bagaimana cara melatih anak-anak berpuasa, kapan waktu yang tepat bagi anak untuk mulai diajarkan berpuasa dan apa tujuannya?


Nah, berdasarkan pengalaman papah mamah ketika mengenalkan puasa pada si kecil, kira-kira ada pengalaman lucu apa saja tentang polah tingkah si kecil ketika mulai dilatih puasa? Sstt,...jangan ke kiddos dulu, deh. Ingat-ingat, kita waktu kecil dulu ketika berlatih pertama kali berpuasa ada kisah lucu apa saja yang bisa diingat?


Aku punya sedikit memori, nih tentang pengalaman kecil dulu ketika belajar puasa.  Kalau ingat hal ini suka geli dan pingin ketawa sendiri. Dari mulai sering liatin jam, liatin kalender sambil terus dihitung berapa hari lagi sisa puasa.


kapan mengajari anak berpuasa



Belum lagi kalau rewel karena merasa kelaparan dan perut melilit, ada saja yang ditanyakan, dari masak apa hari ini, bukanya pakai apa, aku kebagian berapa, hahaha. Lucu banget memang anak kecil ini. Alhamdulillah aku punya ayah dan mamah yang selalu sabar menjawab segala pertanyaanku yang memang kadang ngeyel dan terus menerus, terutama ayah, yang jarang sekali marah, Seingatku rasa-rasanya aku belum pernah kena marah bahkan sampai aku besar, apa karena aku anak yang sweet banget, yah? Hallah, wkwkwk.


Biasanya aku juga suka mencari kipas angin untuk menyejukkan tubuh. Tidur di atas karpet sambil pegang bacaan anak-anak. Alhamdulillah, kala itu orang tuaku rajin membelikan untukku langganan majalah anak setiap bulannya, meski anaknya ini belum mahir membaca. Hmm, ... gemes banget, kan.


Nah, jadi, jika anak-anak kita bertingkah agak menguji kesabaran, jangan lupa introspeksi diri, ya, Sainluv, hihi, mungkin kita juga waktu kecil banyak maunya. Ingat bagaimana begitu sabarnya orang tua kita menghadapi kita kala itu, sampai akhirnya kita tumbuh seperti sosok sekarang ini, masyaAllahu tabarakallahu. 


Untuk itu sebagai orang tua generasi alpha, tentunya kita memiliki tantangan yang lebih dahsyat dalam menghadapi aneka polah tingkah laku anak kita. Sehingga harus menjadi  orang tua cerdas dalam menghadapi anak-anak smart generasi alpha yang hidupnya sudah banyak dipengaruhi gadget. Mereka lebih dinamis dibanding kita dahulu.


Apa Tujuan Melatih Anak Berpuasa


Apa, sih tujuan kita mengajarkan anak kecil berpuasa? Hal ini, nih, yang perlu kita tanamkan terlebih dahulu di dalam benak kita sebagai orang tua, agar tidak mudah terpancing emosi. Melatih anak berpuasa memiliki arti bahwa proses latihan ini adalah sebuah proses belajar bagi anak, bukan sebuah kewajiban. Tujuan jangka panjangnya adalah membentuk anak menjadi manusia penjaga bumi yang amanah terhadap titah Tuhannya.


Untuk itu Ketika kita berniat akan memulai melatih anak untuk berpuasa, bekali juga diri kita dengan kesabaran yang luar biasa, karena yang namanya menghadapi anak kecil pasti banyak dramanya. Untuk itu berusahalah untuk menjadi orang tua yang tidak mudah marah serta bisa bijaksana dalam mengendalikan emosi.


Cara Mengajarkan Anak Berpuasa


Belajar dari pengalaman masa kecil, bisa kita jadikan inspirasi sebagai ide tips dan trik dalam menghadapi si kecil. Apa saja cara ampuh yang bisa kita terapkan dalam mengajarkan anak pertamma kali puasa. Ada beberapa cara yang bisa kita terapkan dalam melatih anak ketika berpuasa, diantaranya, yaitu:


1. Ajarkan Puasa di Usia yang Tepat


Usia yang tepat untuk memulai melatih anak berpuasa adalah usia 6 sampai tujuh tahun. Kenapa usia ini menjadi patokan. Berdasarkan nasihat Rasulullah salallahu 'alaihi wa salam, bahwasannya hendaklah memulai mendidik anak di usia tujuh tahun, karena pada usia ini anak sudah mulai memahami perintah dan memahami nilai secara sederhana.


Untuk itu usia tujuh tahun bisa kita jadikan pegangan sebagai permulaan melatih anak untuk berpuasa, melaksanakan salat dan lain sebagainya. Sedangkan di usia sebelumnya adalah cukup dengan mengenalkan saja. Bisa melalui pembiasaan melihat kebiasaan orang tuanya atau dengan mengajak dengan tanpa memaksa.


2. Mulai dengan Mengajarkan puasa Setengah Hari dan Puasa Jajan


Ketika sudah memasuki usia yang tepat untuk dilatih melakukan kegiatan puasa, maka awali dengan memulai belajar puasa dalam hitungan jam. lakukan bertahap. Makin hari makin ditambah durasinya. Mulai puasa di awal selama 5 jam, ditambah 6 jam, ditambah lagi setengah hari, atau setelah dzuhur baru boleh buka.


Setelah itu lama-kelamaan karena terbiasa anak sudah mulai dibiasakan berpuasa penuh sampai waktu maghrib,. lamana penambahan waktu disesuaikan dengan daya tahan anak dan juga kesehatan mereka. Pendidikan dalam keluarga merupakan pondasi utama bagi perkembangan sikap keagamaan si  kecil.


Ada beberapa anak yang senang sekali jajan, tapi ada juga anak yang tidak terlau suka jajan. Memangnya ada anak yang tidak suka jajan, kayaknya engga mungkin, deh?! Hihi, ada gengs, contohnya anakku yang pertama, dia tipikal anak yang agak kurang suka jajan. 


Harus ditawari dulu oleh ibunya kalau perihal jajanan. Itu pun mikirnya pakai lama, mau, nggak, ya, mau, nggak, ya. Mimik yang ditunjukkannya pun lucu, kaya ketakutan gitu kalau nolak., hihi. Takut mengecewakan ibunya.


Nah, untuk anak-anak yang suka jajan, bunda bisa memulainya dengan mengajarkan anak puasa jajan. Dengan begitu anak-anak diajarkan untuk menahan keinginan. Selanjutnya bisa diajarkan untuk mulai puasa makan yang lainnya.


3. Mengajari  Makna Puasa


Mengajari makna tentang puasa juga akan memudahkan kita ketika melatih anak untuk berpuasa. Meski masih kecil anak harus dibiasakan untuk mendengar nilai luhur, nilai agama dan nilai kebijakan. Memberikan pemahaman pada buah hati, bahwa puasa banyak sekali manfaatnya.


Kita bisa memulainya dengan memberikan pemahaman pada anak, bahwa puasa bisa menyehatkan badan. Karena selama puasa usus kita dibiarkan istirahat. Layaknya mesin mobil, jika terus berjalan tanpa istirahat maka mesin akan panas dan menyebabkan mesin akan cepat rusak, dan mobil pun akan mogok tidak mau bergerak.


Begitu pula manusia, selama berpuasa tubuh kita dibiarkan untuk istirahat dari menggiling makanan. Lama waktunya sudah dalam perhitungan Allah.Dan perhitungan allah ta'ala pasti akan selalu tepat. Karena Allah sang pencipta paling mengetahui keadaan yang diciptakannya.


Selain itu bisa diajarkan pula pada anak, bahwa puasa akan mendapatkan kasih sayang dari Allah azza wa jalla. Setiap hamba yang taat pada perintahNya akan mendapatkan keistimewaan di sisi Tuhannya.


4. Susun Kegiatan menyenangkan Selama Puasa



apa tujuan anak kecil diajarkan puasa

Selanjutnya, agar anak merasa enjoy dan happy ketika menjalankan latihan berpuasa. Ayah bunda bisa menyiapkan serangkaian kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Bisa berupa permainan edukatif, misalnya bermain tebak-tebakan, bermain lego anak muslim.


Pergi ke alam, misalnya bisa bermain ke pinggir sungai atau bisa juga memancing bersama. Bermain permainan tradisional zaman dahulu juga bisa menjadi alternatif pilihan. seperti misalnya bermain congklak, bermain bekel, bermain ludo dan sebagainya. Ini bisa sekaligus juga dijadikan bahan bercerita pada anak, bahwa di zaman kita dahulu mainannya ya, masih alami seperti ini. Belum banyak gadget dan lainnya permainan canggih seperti sekarang. Kita juga bisa sambi dengan bercerita bagaimana masa kecil kita dahulu.


Kegiatan menyenangkan ini bisa disusun oleh ayah bunda atau minta ide dari si kecil. Hal ini juga bermanfaat untuk melatih daya kreativitas dan kemandirian serta berani berpendapat. Selain itu juga dengan banyak berinteraksi dengan anak dan mengetahui kesukaan anak juga menjadi cara untuk mengetahui bakat anak


5. Memberikan Kebebasan pada Anak Menyusun Menu Kesukaan


Nah, yang ini juga akan membangkitkan semangat si kecil berlatih puasa. Mengangan-angan makanan kesukaan membuat dia akan berusaha untuk mendapatkannya. Untuk itu sebagai orang tua kita bisa memperhatikan kesukaan anak. Berinisiatif menawarkan atau juga bertanya mau dibuatkan makanan apa. 


Apalagi jika panganan ini bisa dibuat bersama dan dihias juga. Memasak di dapur bersama si kecil dan menyiapkan hidangan berbuka dengan menu favorit si kecil, bisa juga ayah bunda coba. Biasanya anak-anak suka sekali dikenalkan dengan hal-hal baru, selain itu juga kegiatan memasak bersama akan mempererat bonding antara ibu dan anak.



6. Memberikan Hadiah ketika Berhasil Puasa


Memberikan hadiah kecil pada buah hati ketika berhasil menyelesaikan latihan berpuasa akan membangkitkan semangat belajarnya. Apalagi jika hadiah yang diberikan adalah benda yang diidamkan. 


7. Sediakan Makanan yang Kaya Nutrisi


Sebagai orang tua juga hal yang paling kita pikirkan ketika melatih buah hati berpuasa adalah menyediakan makanan yang bernutrisi. Sangat penting mengembalikan stamina si kecil dengan makanan yang kaya gizi, ketika telah seharian tubuhnya kehilangan cairan, agar kembali segar dan senantiasa sehat.


tujuan mengajarkan anak berpuasa


Jenis makanan berkuah dengan isian lengkap protein serta sayuran biasanya digemari oleh anak. Jenis makanan berkuah menjadi pilihan menu santap sahur karena akan memudahkan anak menelan makanannya. 


Secara pas makan sahur pasti kondisinya masih ngantuk sangat, ya, mam. Makanan hangat, gurih dan lezat diharapkan bisa membangkitkan selera sahurnya. Anak pun akan makan dengan lahap. Menu-menu di atas bisa dijadikan referensi papmam dalam menyediakan menu santap sahur buat si kecil dan anggota keluarga lainnya.


8. Mengajak Anak Melakukan Tarawih Keliling


Nah, kegiatan tarawih keliling pun akan membangkitkan semangat berlatih puasa pada anak. Tarawih keliling yang dilakukan akan memperkaya pengetahuan anak tentang banyak masjid atau mushola. Momen perjalanan dari rumah ke masjid yang baru akan menambah pengalaman baru buat anak.


Apalagi masjid yang dikunjungi setiap hari berbeda. Pengalaman anak akan bertambah. Si kecil akan merasa senang dan puas biasanya. Di perjalanan selama ke masjid ayah bunda bisa menyisipi cerita tentang Rasulullah salallahu 'alaihi wa salam dan para mujahid Islam, juga cerita tentang sahabat dan sahabiah. Manfaat dongeng untuk anak sangat berarti dalam proses perkembangan anak.


9. Tidak Mengajak dengan Memaksa


Cara mengajarkan anak berpuasa yang terakhir, namun sangat penting adalah jangan memaksa anak ketika akan memulai mengenalkan puasa pada mereka. Lakukan komunikasi, beri cerita penuh hikmah. Cerita pebuh tauladan dari para sahabah dan sahabiah. 


Bisa juga cerita tentang ketika kita kecil dahulu belajar puasa. Cerita tentang pamannya, kakaknya atau orang-orang terdekat lainnya. Pokoknya jangan ada paksaan untuk pengenalan di awal. Agar anak tidak membenci kegiatan latihan berpuasa.


Manfaat Mengajarkan Anak Berpuasa


Masa usia dini adalah masa pesatnya laju pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Dengan melatih anak berpuasa, berarti ayah bunda memberikan stimulasi edukatif yang akan berdampak pada beberapa aspek perkembangan pada anak.  Beberapa aspek perkembangan yang terstimulasi diantaranya yaitu:


1. Bermanfaat dalam Mengembangkan Sikap Sosial 


Mengajarkan anak berpuasa, memiliki artian bahwa kita meminta anak untuk menahan haus dan lapar. Hal ini menanamkan rasa empati anak terhadap keadaan yang dialami oleh orang lain yang  kurang beruntung. Jiwa empati anak akan terasah dan mengembangkan sikap sosial akan kepedulian dengan sesama. 


2. Bermanfaat dalam Mengembangkan Sikap Emosional  pada Anak


Melatih anak-anak berpuasa memiliki arti menanamkan sikap sabar untuk menahan lapar dan haus sampai waktu berbuka tiba. Emosional anak jadi terlatih. Anak lebih bisa menghargai waktu dan juga  bersabar.


Disiplin pada waktu makan sahur dan berbuka sangat bermanfaat dalam melatih kedisiplinan pada anak. Anak terlatih untuk bangun awal dan bersabar untuk menahan kantuk dan harus makan di awal pagi.


3. Bermanfaat dalam Mengembangkan Sikap Moral dan Spiritual pada Anak


Mengajarkan anak-anak puasa juga bermanfaat dalam mengembangkan sikap spiritual anak. Membiasakan anak bersikap Islami. Menumbuhkan rasa kecintaan anak pada Rabbnya dan Agamanya. Sehingga latihan puasa dapat mengembangkan sikap keagamaan anak ke arah yang lebih matang. 


4. Bermanfaat dalam Mengembangkan Kognitif Anak


Dalam beberapa cara melatih anak berpuasa, yang sudah dijabarkan di atas, yaitu mengajaknya beraktivitas yang menyenangkan, memberi kebebasan pada anak untuk menentukan dan memilih menu berbuka, mengajak anak taraweh keliling. Kegiatan ini menstimulasi imajinasi dan daya kreativitas anak. Kognitif anak pun jadi terasah dan lebih berkembang. 


4. Bermanfaat untuk Kesehatan Anak


Menurut riset dari berbagai sumber, puasa dapat meningkatkan aktivitas kerja sel darah putih yang berdampak pada pembentukan keseimbangan tubuh serta metabolisme pada anak. Dengan begitu kekebalan tubuh pada anak akan meningkat dan anak tidak mudah terserang penyakit yang bersumber dari virus dan bakteri.


Bagi anak yang memiliki nafsu makan berlebih, puasa juga bisa mencegah berat badan badan berlebih, karena asupan kalori pada anak lebih terkontrol. makan pun lebih teratur.


Kesimpulan


Mengajarkan anak berpuasa pada usia dini merupakan kewajiban bagi orang tua. Perlu diingat kiranya ketika kita hendak melatih anak berpuasa jangan ada unsur paksaan, lakukan dengan ajakan yang disertai alasan. Komunikasikan dengan anak terlebih dahulu. Cek kesehatannya, apakah anak kita tipikal anak yang rentan sakit atau memiliki fisik yang kuat. Ada bijaknya juga jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anaknya, tentang kemampuan fisik anak kita jika dilatih berpuasa.


Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika anak kita dilatih berpuasa dari sejak dini. kapan anak mulai diajarkan berpuasa? Sesuai dengan petunjuk dari Rasulullah salallahu 'alaihi wa salam, agar memulai melakukan pembiasaan pada anak di usia 7 tahun. 


Memulai anak belajar berpuasa bisa dilakukan dari puasa jajan dan puasa dalam hitungan jam, baru kemudian bertambah dan akhirnya anak bisa puasa sampai full satu hari. Sediakan fasilitas kegiatan yang menyenangkan bagi anak, agar ketika anak menjalankan puasa kondisi hati dan perasannya dalam keadaan bahagia. Sediakan nutrisi yang cukup agar anak sentiasa sehat. Ajak anak melakukan safari Ramadan misalnya dengan melakukan tarawih keliling.


Selamat mengajarkan anak berpuasa semoga cara mengajarkan anak berpuasa di atas bisa menjadi panduan bagi para ayah bunda dalam memulai menerapkan latihan berpuasa bagi putra-putri tercinta.  Salam pengasuhan. Happy Parenting.

30 komentar on "9 Cara menyenangkan Melatih Anak Berpuasa dan Manfaatnya"
  1. iya ada lho anak yang nggak suka jajan. Anakku yang kedua juga nggak suka jajan, nggak paham malahan. Dia pahamnnya makan nasi doank wkwk. Hemaat banget dah punya anak begini pokonya.

    BalasHapus
  2. Ide mengajarkan puasa ke anak sangat kreatif sekali mba, bisa banget nih dicontoh ibu-ibu yang lain. Jika mengajarkan puasa sejak dini, anak nanti semakin terbiasa dan tanpa paksaan akan mampu berpuasa ya.

    BalasHapus
  3. Bener banget anak-anak harus diajarkan berpuasa dengan cara yang menyenangkan dan sebisa mungkin hindari memaksa untuk batas-batas usia tertentu. Biasanya jika anak-anak memulai puasa dengan bahagia maka setelah bertambah usia puasanya bakalan oke. Aku ingat anak-anakkku waktu belajar puasa, ngak susah sih tapi yah itu harus siap-siap koleksi makanan atau camilan.

    BalasHapus
  4. Bagus dan lengkap banget ya tips nya.... Bikin betah bacanya. Aku dulu mulai puasa saat kelas 2 SD, dan gak pernah ada paksaan. Malah kalau puasanya sebulan penuh, dapat hadiah baju lebaran sama sepatu.... Seru banget ya kalau ngomongin puasa bareng anak...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, setelah melalui proses puasa mulai dari sahur sampai jam sepuluh, lalu proses sampai duhur, lanjut sampai ashar dan akhirnya hingga bisa full sampai magrib kini putra saya pun sudah terbiasa berpuasa. Belajar sejak usia lima tahun dan saat usia tujuh tahun sudah bisa full puasa nya.

    Terimakasih ajaran dan tips yang memang buat anak semua itu sangat menyenangkan

    BalasHapus
  6. Mengajarkan anak berpuasa memang tantangan juga untuk orangtuanya ya Mbak. Bagaimana caranya supaya bisa konsisten untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan yang ada di dalamnya. Saya kebetulan juga baru mengajarkan anak-anak berpuasa penuh waktu di usia 6 - 7 tahun Mbak. Dan ternyata Alhamdulillah memang lebih mudah prosesnya di usia ini.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, tahun ini dua anak saya sudah mulai belajar puasa, walaupun yang satu masih kadang-kadang setengah hari puasanya. Lucu memang liat tingkah polah mereka selama puasa, ngumpulin segala jenis makanan buat buka puasa, jadi inget, bapaknya dulu ternyata juga gitu.. wkwkwk

    BalasHapus
  8. Relate banget nih anakku masih TK dah belajar puasa. Tapi nggak disuruh. Memang dari dulu hanya dikasih insight aja biar dpt motivasi internal dan terpesona sendiri sama kegiatan berpuasa. Meski baru setengah hari sih belajar puasanya. Semangat ^^

    BalasHapus
  9. Melatih anak berpuasa memang tantangan tersendiri ya, Kak.
    Kita harus pandai2 mengatur strategi agar membuat aktivitas puasa jadi fun.

    BalasHapus
  10. Biar anak semangat untuk belajar puasa, biasanya ajak anak untuk memilih makanan kesukaannya untuk menu buka puasa. Jadi bisa nyiapin sama-sama dan anak juga merasa senang

    BalasHapus
  11. Mengajarkan anak untuk berpuasa butuh strategi tersendiri. Bahkan setiap anak memiliki cara yang berbeda. Semangat membersamai anak-anak

    BalasHapus
  12. Karena anakku alhamdulillah sudah memasuki usia wajib puasa, jadi saat mereka aku tanya, "Apa yang paling bikin kaka sama adek seneng kalau puasa Ramadan?"
    Alhamdulillah,
    Anak-anak paling terkenang kalau dapat hadiah. Hehhe, memang saat usia anak-anak, yang mereka butuhkan adalah bukti nyata dari setiap perbuatan baik yang telh mereka lakukan. Semoga menjadi kenangan indah dan kebiasaan baik pula untuk seterusnya.

    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  13. Anakku pun baru belajar puasa secara serius tahun ini. Masih setengah hari memang. Nggak apa-apa, semua ada prosesnya. Menu sahurnya enak-enak nih Mba Nita. Trims ya rekomendasi makanannya

    BalasHapus
  14. Sudah sewajarnya kita melatih anak untuk belajar puasa ya mbak
    Karena banyak manfaat yang didapat anak saat berpuasa

    BalasHapus
  15. Tipsnya mantap pakai banget mbak, bisa nih dipraktikkan. Yang penting mereka happy dulu ya menjalankan ibadah puasa
    btw itu menunya menggoda ih, bagi resepnya dong mbak

    BalasHapus
  16. Bisa dicoba nih tips nya untuk anak saya kalau sudah cukup umur untuk latihan puasa nanti

    BalasHapus
  17. Wah keren bgt mbak tema disebelah jadi artikel 😍 save dulu buat nanti ajarin Aqlan puasa, hehe. Kalau masa kecil nya sama nih kaya aku ngeluh terus kalau puasa sama deket² kipas wkwkwk 😂

    BalasHapus
  18. tipsnya komplit nih mbak, Alhamdulillah anak-anak saya juga sudah mulai puasa full, walau kadang si bungsu suka mengeluh kalau pas siang minta puasa bedug, tapi dengan sedikit bujuk rayu bisa lanjut terus sampai maghrib.

    BalasHapus
  19. Wah hebat anaknya mba ngga suka jajan. Kalo anakku sih jajan no 1. Kebetulan anakku belum usia wajib berpuasa tp mulai diajarkan dg melihat orangtuanya. Mengamati sambil diberi teorinya. Mba ilustrasinya cantik² bgt deh. Oh ya ngga cuma anak² yg dewasa juga paling seneng kalau berbuka apalagi sahur pake yg berkuah.

    BalasHapus
  20. Butuh belajar banyak soal ini nih saya. Kalo ga tahu cara dan tujuan latihan puasa, bisa-bisa si anak jadi trauma ya.

    BalasHapus
  21. saya kok masih tegopoh-gopoh mengajarkan anak puasa. Balita cowokku sering beragurmen nananina dg usianya yang baru 4++, next bakal mencoba terus deh soal puasa

    BalasHapus
  22. Tipsnya bagus juga niy mba untuk ngajarin anak anak belajar puasa dan bisa saya terapkan ke anak anak saudara yang masih kecil di rumah

    BalasHapus
  23. Banyak hal yang bisa dilakukan orang tua agar anak bisa berpuasa dengan mudah ya, Kak. Suatu hari, si Kakak (6,5 tahun) tidak sahur dan pagi hari merasa lapar. jadinya langsung makan. Besoknya tiba-tiba bilang, meskipun tidak sahur, besok-besok tetap puasa, katanya. Dia bilang kalau ga puasa ga enak, ada yang beda. Alhamdulillah, 10 hari kedua ada kami terlewat untuk sahur juga, dia kekeh puasa, pun di 10 hari ke tiga ini.

    BalasHapus
  24. MasyaAllah mbak ini lengkap banget tulisannya. Langsung aku resapi pelan2, persiapan buat kelak kalo mau ngajarin anak puasa. Sekarang kan masih 3 tahun, belum genap 3 malah, jadi masih dikenalkan aja. Ayah bunda lagi puasa, gak bisa nemenin maem ya, nanti dulu tunggu maghrib kalo mau maem bareng. Diajak sahur kalo pas dia bangun, bukanya juga diajak makan bareng..

    Aku pernah nemu postingan temen di IG, anaknya masih 3 tahun tapi udah diajarin puasa. Aku tanya, gimana ngajarinnya? Ya diajari buat menahan diri buat gak makan, sampe jam 10 misalnya, baru boleh makan lagi. Wah, aku langsung merinding. Ini anaknya masih seumuran anakku, tapi udah diajak puasa. Di satu sisi aku salut, tapi di sisi lain aku justru khawatir.. Karena anak umur 3 tahun ini kan masih masa2 tumbuh kembang yg butuh banyak asupan gizi/nutrisi. Ngajarin buat menahan makan selama beberapa jam, di usia sedini itu, apakah sudah waktunya??

    Memang betul sih, liat usianya.. Kalo Rasulullah mengajarkan umur 6 tahun, ya kita ikuti aja. Kalo umur 3 tahun udah puasa, itu emm..... Gimana ya? Menurut mbak Nita gimana??

    BalasHapus
  25. Setiap keluarga pasti mempunyai metode tersendiri untuk mendidik anak terutama dalam hal berpuasa, memahami makna puasa, btw makasih sudah berbagi pengalamanya dan bisa menjadi inspirasi untuk diterapkan pada anak kami

    BalasHapus
  26. Awal2 ngajarin anak puasa mah gitu deh, sering liatin jam, buka tutup kulkas, bilang haus mulu lah. Hehehe. Makin ke sini alhamdulillah udah lebih paham. Aku juga bikin kegiatan yang menyenangkan selama puasa buat mengalihkan rasa lapar mereka. Bikin mainan, masak bareng, nonton shiroh, banyak deh.

    BalasHapus
  27. Yang paling sering saya temui dan saya alami dari kecil adalah latihan puasa setengah hari. Tapi soal tips yang lain saya pribadi belum mengalami, misal soal mengizinkan anak memilih menunya sendiri. Saya jadinya mikir, eh betul juga ya. Rasanya tidak cukup jika melatih anak berpuasa hanya dengan menyuruh berlatih puasa setengah hari. Harus didukung dengan hal-hal lainnya, dan itu saya temukan di tulisan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, biar tambah semangat belajar puasanya...:a

      Hapus
  28. Ponakan daku yang nomor 3 Alhamdulillah udah mulai membiasakan diri berpuasa. Walau pada tahun² sebelumnya ada yang jebol, hehe. Dan memang bener tekniknya kak Nita, kudu menyenangkan latihannya buat dia

    BalasHapus
  29. Nah, kebanyakan anak-anak sekarang sudah dilatih puasa jauh sebelum usia 7 tahun, biasanya 5 atau 6 tahun. Biasanya puasa setengah hari dulu, sewaktu 7 tahun sudah dilatih puasa sampai sore. Aku suka kasihan sama anak-anak yang seperti itu 🤭... Terimakasih mbak tipsnya semoga bisa diterapkan nanti deh kalau mau ngajarin anak2 puasa...

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger