Resensi Buku Ketika Anak Sulit Diatur

Minggu, 17 April 2022

Kali ini Iispirasi Nita hadir dengan menyuguhkan resensi dari sebuah buku parenting apik karya dari seorang psikolog anak Drew Edwards, Ph.D. Para orangtua wajib baca buku ini, jika ingin menguasai sang buah hati dan menjinakkan karakter keras dan sulit diatur yang dimiliki anak. Sehingga sang buah hati menjadi anak yang penurut dan lembut hatinya serta mau mendengarkan perkataan orangtua. 


ketika anak sulit diatur


Sikap anak yang sesekali membangkang kepada orangtua masih bisa dimaklumi, namun akan menjadi sebuah ketidakwajaran jika sang anak  seringkali bahkan selalu melawan, berkata kasar dan keras serta sangat sulit diatur. Tugas orangtua untuk membentuk karakter anak yang keras dan sulit diatur dari sejak kecil. Seperti pepatah bilang mendidik anak dari sejak kecil bagaikan mengukir di atas batu, namun mendidik anak ketika sudah dewasa bagaikan mengukir di atas air.


Mendidik anak dari sejak kecil bagaikan mengukir di atas batu, namun mendidik anak ketika sudah dewasa bagaikan mengukir di atas air.



Setelah membaca buku ini diharapkan akan terjalin hubungan yang harmonis antara mama papa dengan putra atau putri kesanyangan. Untuk ayah dan ibu harus memiliki hubungan yang sehat menguatkan ikatan cinta diantara suami istri. Dalam buku ini Edwards Ph.D memberikan kiat dan informasi dalam menghadapi anak yang sulit diatur. Sehingga kita sebagai orantua mempu mencari tahu dari sisi apa permasalahan ini muncul.



Mengenal Fisik Buku Lebih Dekat


Kita bahas dulu fisik dari buku ini, karena tak kenal maka tak sayang tak sayang maka tak cinta. yuk, check it out.

  • Judul: Ketika Anak Sulit diatur 
  • (Panduan bagi Para Orangtua untuk mengubah masalah Perilaku Anak)
  • Penulis: Drew Edwards
  • Penerbit: Kaifa Mizan Pustaka
  • Tempat Penerbitan: Bandung, Jawa barat
  • Jumlah Halaman: 252
  • Jenis Kertas: HVS Putih
  • Jenis Sampul: Soft Cover
  • Cetakan: Pertama Tahun 2006
  • ISBN: 9793659653
Buku yang memiliki judul asli How to handle A Hard to Handle Kid: A Parents Guide to Understanding and Changing Problem Behaviours , diterjemahkan oleh Oetih F.D. Karya C. Drew Edwards, ini diterbitkan oleh Free Spirit  Publishing, Inc., Minneapolis, MN tahun1999.


Pembahasan Dalam Buku


Buku parenting yang membahas tentang bagaimana menaklukkan hati anak ini terdiri dari 12 pembahasan yang sangat terperinci, membuka cakrawala pengetahuan para orang tua tentang sifat dasar anak, yang memang sudah semestinya orantua memiliki pengetahuan ini sebagai modal dasar untuk menaklukkan hati si buah hati.


Buku setebal dua ratus lima puluh halaman ini mengandung dua belas pembahasan, diantaranya yaitu pekerjaan paling penting di dunia, memahami perilaku yang sulit dikendalikan, menyayangi peran kita sebagai orangtua, menjadi orangtua yang bisa diandalkan, mengasishi dan mendukung anak, memberikan bimbingan dan struktur bagi anak, merespon perilaku anak, menggunakan ekonomi rumah, membantu anak meningkatkan perilaku baik, menghadapi situasi yang sulit dikendalikan, mempererat hubungan saudara kandung dan teman sebaya, membantu anak berhasil di sekolah.


Pekerjaan Paling Penting di Dunia


Bab ini membahas bahwa pekerjaan sebagai orangtua adalah pekerjaan yang paling penting di dunia, memiliki posisi utama, karena berkaitan dengan efek multi dimensi dalam segala aspek. Generasi yang matang karakternya akan berdampak positif terhadap perkembangan di berbagai sektor. Untuk itu kenapa pekerjaan ini begitu penting, dan dibutuhkan kesabaran dan keuletan yang tiada banding.


Orangtua merupakan orang dewasa yang wajib memiliki kematangan jiwa, siap bekerja full time, karena pekerjaan ini tak memiliki rentang waktu yang tepat ukurannya. Pekerjaan yang menangani berbagai aspek dan dibutuhkan keahlian yang multitalent, pekerjaan yang dimensi kerjanya tak terbatas. Siap menghadapi orang yang berbeda karakter dari mulai rewel, manja, bisa belanja, mampu mengatur keuangan, menjadi guru , menjadi koki, menjadi perawat dan lain sebagainya rentetan tugas yang dibebani kepada orangtua terutama ibu.


Terkadang, kita yang hendak masuk ke dalam dunia pekerjaan ini, tidak cukup memiliki perbekalan diri dalam menghadapi permasalahan yang akan kita hadapi. Pernikahan tak hanya cukup dilandasi dengan cinta, namun sebuah keutamaan yang harus diselaraskan, bahwa pernikahan membutuhkan ilmu sebagai penggerak agar roda waktu tetap bisa harmonis berputar.


mengatasi anak rewel


Memahami Perilaku yang Sulit Dikendalikan


 Bab ini menjelaskan adanya keterkaitan antara sifat dan sikap yang dimiliki oleh seseorang dengan lima faktor yang dijabarkan secara rinci dalam bab ini. lima faktor tersebut diantaranya Temperamen, Karakeristik biologis yang berkaitan dengan fisik, emosi, dan perkembangan secara keseluruhan dijelaskan sesuai dengan rentang umur dari mulai bayi, todler, sampai menginjak remaja. 


Selain itu faktor penyebab perilaku anak menjadi sulit diatur disebabkan oleh pola asuh keluarga, bagaimana keadaan kedua pasangan apakah terjadi banyak ketegangan atau selalu harmonis, ini yang menjadi faktor pemicu pembentukan karakter pada anak begitupula dengan  stress yang diderita keluarga, dan juga faktor pengaruh dari luar keluarga atau lingkungan.


Menyayangi Peran Kita sebagai orangtua


Carl Jung seorang psikolog ternama menyatakan bahwa sikap kita terhadap diri, penghargaan kita terhadap diri akan berdampak pada pola asuh yang akan kita terapkan kepada anak.Untuk itu Edwards menyarankan agar kita senantiasa membangun kontrol diri kita dengan banyak melakukan kegiatan yang menyenangkan, agar kita juga bisa menyebarkan aura positif terhadap lingkungan sekitar kita, terutama terhadap anak. sehingga dengan begini kita bisa menjadi pribadi yang bisa menempatkan sesuatu sesuai dengan porsinya.


Semua orang bisa marah,karena itu adalah perkara mudah. Namun untuk meluapkan amarah dengan porsi yang tepat dan kepada orang yang tepat, waktu yang tepat dan penyebab yang tepat, tidaklah mudah.  - Aristoteles -


Para orangtua yang memiliki masa lalu kurang baik, hendaknya bertekad untuk merubah diri. Tekadkan semua untuk anak belajar untuk menentukan prioritas. Ringankan langkah dan pandangan hidup dengan mengatur me time yang berkualitas sehingga bisa berpikir lebih jernih. Belajarlah untuk menjadi diri yang mudah memaafkan.


Menjadi Orangtua yang Mudah Diandalkan


Bab ini menjelaskan tentang tipe pola asuh yang kita terapkan kepada anak-anak akan membangun  karakter pada anak. Terdapat tiga jenis pola asuh yang bisa diterapkan oleh para orangtua terhadap anaknya, diantaranya pola asuh bisa diandalkan, otoriter, dan permisif.


Ada kuesioner yang dilampirkan dalam bab ini untuk menentukan pola asuh seperti apa yang kita terapkan pada anak. Pola asuh kita biasanya merupakan cerminan pola asuh yang diberikan orangtua kita kepada kita. Namun dengan keinginan kuat dan mau belajar kita bisa membentuk pola asuh yang kita terapkan kepada anak dengan mengambil hal positif terhadap perbuatan masa lalu dan membuang hal-hal yang negatif.


Mengasihi dan Mendukung Anak 


Bab ini menjelaskan, bahwa apa yang orangtua lakukan terhadap anak tidak ada yang pernah sia-sia. Bentuk dukungan yang diberikan orangtua kepada anak sangat berarti bagi perkembangan jiwa anak. dalam bab ini dijelaskan ada tiga jenis bentuk dukungan yang bisa diberikan kepada anak,diantaranya yaitu:
  1. Mendengarkan ketika anak bercerita.
  2. Memberikan kontak panca indera seperti belaian, tatapan perduli, senyuman,tanggapan dengan kata-kata positif, dan nada suara yang menenangkan serta menyuguhkan aroma yang disukai oleh anak.
  3. Perhatian terhadaphal-hal yang menjadi kesukaan anak.
Dalam buku ini dijelaskan bagaimana dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada anak jika orang tua memberikan dukungan dan kasih sayang sepenuh hati. Orangtua adalah jiwa yang memiliki banyak pengalaman dibanding anak, untuk itu apa yang kita punya, sudah sepatutnya bisa memberikan tambahan pengalaman bagi anak.

Dalam amasa pertumbuhan seorang anak kiranya harus mendapatkan banyak kegembiraan setiap harinya, dan mendapatkan kegembiraan pada keesokan harinya.  - Nicholas Hobbs -


Memberikan Bimbingan dan Struktur bagi Anak


Dalam bab ini dijelaskan bahwa kasih sayang yang diberikan orangtua terhadap anak sangatlah penting bagi perkembangan kejiwaan anak, namun itu saja tidak cukup dalam usaha membentuk karakter baik pada anak. Bimbingan dan arahan yang terstruktur sangat diperlukan.


Bimbingan yang terstruktursangat diperlukan anak agar anak lebih bisa mengenal diri dan lingkungannya. Anak lebih mampu menghadapi tantangan dunia luar jika mendapatkan bimbingan dan arahan dari orangtuanya. Anak dituntut untuk berlatih perilaku disiplin.


Kedisiplinan yang harus diterapkan diantaranya adalah: disiplin dalam bertindak, disiplin dalam mengontrol perasaan.  bentuk kedisiplinan tersebut diterapkan harus mempertimbangkan kesesuaian pertumbuhan mental anak dan dilakukan secara efektif terhadap hal-hal yang mask akal.


Merespon Perilaku Anak


Dalam buku ini dijelaskan, bahwa respon posiif yang diberikan oleh orangtua kepada anak, disertai dengan sentuhan fisik akan membantu mengendalikan sikap membangkang pada anak.


Respon yang diberikan orangtua terhadap anak hendaknya tidaklah berlebihan, misalnya dengan tidak memberikan pujian yang berlebihan, karena akan mengakibatkan perasaan kecil hati pada anak. Edwards menjelaskan ada lima cara dalam memberikan respon positif untuk anak, diantaranya yaitu:

1. menghargai dan mampu menerima anak apa adanya.

2. Tidak menuntut anak apa yang tidak bisa dia lakukan

3. fokus pada usaha yang positif.

4. Memberikan dukungan pada anak untuk menemukan minat dan bakat mereka.

5. Ikut merasa bangga terhadap prestasi anak.


Menggunakan Program Manajemen Rumah


Menggunakan manajemen rumah yang dimaksud dalam bab ini adalah, memberdayakan kegiatan anak dengan bimbingan yang terarah yang bermula dari rumah. Program yang dibuat orangtua untuk anak ini harus disertai dengan respon positif dan negatif yang sesuai dengan porsinya. Respon positif yang dimaksud adalah reward sedangkan respon negatif berupa funishment

Program manajemen rumah yang dimaksud adalah mengatur kegiatan anak dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Anak berhak menentukan kegiatan apa yang akan dia kerjakan, dan orangtua memberikan masukan serta arahan pada setiap pekerjaan yang dilakukan oleh anak.

Pada sesi ini orangtua bisa menggunakan sistem poin pada setiap aktivitas anak, setiap harinya kemungkinan anak memiliki point berbeda, point yang diberikan bisa semakin meningkat. Bab ini menjelaskan bagaimana anak harus memiliki keteraturan pola hidup setiap harinya. Penjelasan yang diberikan sangat aplikatif dilengkapi tabel-tabel contoh kegiatan yang dapat diprogram untuk anak.

Membantu Anak Meningkatkan Perilaku Baik


Bab ini menjelaskan tentang bagaimana tips dan triks agar anak bisa mandiri mempertahankan karakter baiknya tanpa perlu campur tangan orangtua secara intensif. Dalam artian perhatian atau respon orangtua yang tadinya diberikan sangat sering bisa dikurangi sedikit demi sedikit, agar anak bisa secara mandiri untuk bertanggung jawab melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Pada bab ini Edwards banyak memberikan tips bagaimana anak membangun karakter unggulnya melalui pendidikan kepribadian. di fase ini orangtua sudah mulai memberikan respon yang jarang atau respon lambat serta mulai melibatkan kerjasama antar saudara kandung bila memiliki adik atau kakak Pada fase ini anak sudah dibiasakan untuk mengerti masalah pendidikan self concept atau konsep diri. 

Menghadapi Situasi Khusus yang Sulit Dikendalikan


Bab ini adalah bab yang menjawab pertanyaan dari judul buku ini, yaitu bagaimana cara menghadapi perilaku sulit membangkang pada anak. Dalam bab ini banyak diuraikan problem yag biasa dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana step by step perlakuan yang ditetapkan pada anak.


Beberapa kasus sulitnya mengendalikan anak yang diangkat dalam bab ini, diantaranya, yaitu bagaimana mengatasi kekakacauan di pagi hari, keributan di saat menjelang tidur, keributan saat menjelang makan, kekacauan dalam rumah, anak tidak mau merapihkan alat permainan atau alat bekas mereka berkegiatan. 


Selain itu juga, buku ini membahas tentang bagaimana melatih anak mengendalikan perasaannya ketika berada di tempat umum. Bagaimana cara menaklukan kekerasan  dan kemarahan anak. Perilaku yang sudah di luar batas yang dilakukan anak juga dibahas damam bab ini, misalnya bagaimana cara menghadapi anak yang suka mencuri, anak yang suka berbohong, bahkan terhadap anak yang terdampak  pergaulan yang buruk.


Mempererat Hubungan Saudara Kandung dan Teman Sebaya


Bab ini menjelaskan tentang kesulitan anak dalam bergaul dengan teman sebaya dan saudara kandung. Anak-anak yang sulit diatur terkadang memiliki problem pergaulan. Orangtua memiliki peran penting dalam melancarkan hubungan sosial yang harus dijalani oleh anak. bimbingan kita sebagai orangtua akan membantu mereka memiliki hubungan yang saling mendukung.


Dalam bab ini dijelaskan bagaimana cara agar adik kakak bisa berdamai satu sama lain. Orangtua harus menjadi hakim yang adil diantara keduanya. Memperhatikan bakat yang satu dan yang lainnya, tanpa membandingkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Berikan waktu ekstra yang anda miliki untuk masing-masing anak, berikan mereka ruang untuk melakukan obrolan yang intens dengan kita para orangtua. Singkatnya, kita harus membangun persahabatan dengan anak.


Membantu Anak Berhasil di Sekolah


Bab ini menjelaskan bahwa sebagai orangtua kiranya harus mendukung kegiatan anak di sekolah. Bekerjasama dengan para guru dengan cara menjalin komunikasi yang baik. Memantau perkembangan anak dengan memeriksa pekerjaan rumah yang dimiliki anak.


Bersabar dalam menjalani proses membimbing anak ke arah yang lebih baik lagi, jika anak memiliki prestasi yang kurang memuaskan di sekolah. Selain itu juga, sebagai orangtua harus realistis dalam menentukan harapan untuk anak.


Dalam bab ini orangtua diajakuntuk bekerjasama secara intens dengan guru sekolah anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah, orangtua memberikan tabel penilaian sikap anak yang harus diisi oleh guru sebagai bentuk kerjasama dalam mengawasi perkembangan anak. Tentunya dengan membicarakan terlebih dahulu dengan anak tentang imbalan yang akan diberikan oleh orangtua untuk anaknya. Dalam buku ini dijelaskan Jika guru yang memiliki wawasan luas menganggap usaha kerjasama ini meringankan kerja mereka dalam mengasuh anak didiknya.


Tentang Penulis


C. Drew Edwards, Ph.D adalah seorang psikolog klinis yang menangani khusus permasalahan para orangtua dan anak. Beliau merupakan asisten professor di fakultas psikologi Wake Forest University. Bertempat tinggal di North Carolina. Sering mengisi seminar-seminar tentang parenting untuk para orangtua, pendidik, administrator sekolah serta ahli kesehatan jiwa. Tema yang diusung diantaranya, kiat membantu anak remaja yang memiliki kelainan periaku, kiat mengatasi ADHD dan beragam keterampilan pengasuhan anak.


Bidang keilmuannya fokus pada penanganan anak-anak yang mengalami kekurangan perhatian dalam artian tidak bisa fokus karena hiper aktif, atau lebih familiar dengan sebutan ADD/ADHD yang memiliki kepanjangan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Keadaan ini salah satunya disebabkan oleh faktor genetik atau neuropsikologis. Untuk itu bagi anda yang memiliki anak dengan gangguan pada konsentrasi bisa menggunakan buku ini sebagai salah satu jalan terapi pengobatan.


Kelebihan dan Kekurangan Buku


Kelebihan dari buku ini adalah buku ini menjelaskan tentang masalah yang umum terjadi di masa kanak-kanak dengan sangat rinci, serta memberikan solusi bagaimana cara mengatasinya melalui cara yang aplikatif, dengan menggunakan tabel aktivitas sehari-hari yang hisa membantu orangtua melakukan pengawasan yang intens untuk anak. Orangtua jadi paham apa yang harus dia lakukan untuk membimbing anak, agar memiliki kepribadian yang matang, yang akan membantu kehidupan anak dimasa yang akan datang.

Kekurangan dari buku ini  terkadang ada susunan kalimat yang agak sulit untuk dipahami, hal ini yang sering menjadi kendala dalam memahami secara utuh buku-buku hasil terjemahan. Selain itu ada penggunaan diksi atau kata yang tidak dilengkapi dengan penjelasan makna yang dapat dipahami oleh banyak kalangan.   Kata yang digunakan kadang asing terdengar dan agak sulit untuk dimengerti. bahasa yang digunakan merupakan bahasa formal dalam istilah pendidikan, penggunaan bahasa sederhana tidak dominan dalam buku ini. Karenanya buku ini memiliki jangkauan pembaca yang tidak terlalu luas dapat diterima berbagai kalangan. Buku ini dijual di market place dengan harga sangat terjangkau yaitu kisaran 33. 000 rupiah, namun karena buku ini termasuk buku yang tidak banyak ketersediannya, maka agak sulit untuk mendapatkannya. Atau teman-teman bisa coba mampir di perpustakaan kampus pada program studi pendidikan anak usia dini. Selamat berburu ya Sista, siapa tau anda beruntung.




Kesimpulan


Dalam menghadapi anak, apapun kondisi anak, hendaknya sebagai orangtua kita harus tetap memiliki cinta untuk mereka.  Patut diingat bahwa mereka merupakan karunia dan anugerah Allah yang harus kita jaga. Anak adalah amanah. 


Perlakuan kita terhadap anak apapun bentuknya akan meninggalkan bekas pada jiwa anak, untuk itu berusahalah untuk konsisten dan berkomitmen untuk bertindak positif. Selalu bersabar dan terus belajar untuk menjadi orangtua yang baik dan bijaksana.


Dengan membaca buku ini, kita para orangtua belajar mengetahui jenis perlakuan menyimpang yang dilakukan anak yang menyebabkan anak sulit diatur, apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara menghadapinya. Beberapa metode ditawarkan dalam buku ini. Kita sebagai orangtua bisa dengan bijak memilih metode yang terbaik yang bisa kita terapkan kepada anak.  Hendaknya metode yang diterapkan disesuaikan dengan situasi dan kondisi anak.


Jika kita, sebagai orangtua masih terjebak dalam pola asuh yang mungkin terkesan kurang baik untuk anak, kita bisa mncobanya untuk merubah sedikit demi sedikit dan bertahap. Demi merubah situasi dan kondisi dalam hubungan antara orangtua dengan anak. Kunci utama yang bisa dilakukan adalah jangan melakukan semuanya sekaligus dan gunakan pola asuh sebagai orangtua yang bisa diandalkan. Selamat membaca buku ini, semoga ini bisa menjaadi salah satu solusi untuk menghadapi anak yang sulit diatur. Salam pengasuhan.



18 komentar on "Resensi Buku Ketika Anak Sulit Diatur"
  1. Terima kasih kak, Pentingnya sabar dalam mendidik anak, sangat berpengaruh pada mental anak. Kalau mendidik dengan kasar, di bentak setiap hari, di tekan setiap hari akan membuat anak menjadi stress dan mental terganggu, Terima kasih kak untuk tips menghadapi anak yang sulit di atur.. hehe 😁👍👍

    BalasHapus
  2. Saya suka gaya menulis reviewnya, menginspirasi saya yang kebetulan mau ngereview buku juga. Terima kasih mbak.

    BalasHapus
  3. Anak adalah anugrah dan dambaan setiap pasangan. Namun saat emosi kadang anak dipukul dan dibentak. Itulah pentingnya sebuah ilmu dan pengalaman bagi orang tua. Salah satunya dengan buku ini.


    Makasih Kk..

    BalasHapus
  4. Detail dan lengkap. Ilmu banget nih untuk saya sebagai orangtua. Jadi kepo sama bukunya, kebetulan lagi cari buku seputar parenting dan pas banget baca review buku ini.

    BalasHapus
  5. Menjadi orang tua itu perlu banyak sabar dan sabar lagi. Karena orang tua itu enggak ada sekolahnya dan tiap anak pun unik dari lahir. Bukunya bermanfaat untuk ornag tua dan calon orang tua ini. 😉

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas ulasannya. Sangat membantu saya sebagai orang tua untuk dua anak lelaki yang masih kecil. Saya memang tidak bisa dibilang berhasil sebagai orang tua, tapi saya selalu berusaha menjadi orang tua yang baik bagi mereka. Jika misalnya saya mendapati mereka sedikit bandel, saya langsung mengingat-ingat masa kecil, apakah saya juga ikut bandel seperti mereka?

    BalasHapus
  7. Saya punya anak sangat aktif... suka ajak orang tua bercerita... tapi terkadang suka marah kalau tidak di tanggapi.. padahal saya sendiri lg sibuk nulis.. hehe

    BalasHapus
  8. pas sekali buat yang lagi prepare untuk hidup bersama anak. Semoga bisa jadi orangtua yang sabar nantinya, terima kasih sudah berbagi resensi buku ini kak, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat tulisannya mbak, saya yang ingin banyak belajar tentang parenting jadi punya wishlist buku ini,apalagi sekarang ini, menjadi perhatian penting tentang pola asuh anak..

    BalasHapus
  10. Belum punya anak tapi baca ulasan ini jadi penasaran sama bukunya...hehe. Itung" bekal parenting nanti.

    BalasHapus
  11. Menjadi orang tua tidak mudah, namun tidak juga sesulit yang ditakutkan. Memiliki cinta dan terus edukasi diri adalah sesuatu yang harus dimiliki. Btw, suka sekali dengan cara kakak mereview buku.

    BalasHapus
  12. detail dan lengkap mbak ulasan bukunya. Menjadi orangtua adalah proses panjang yang belum dipersiapkan butuh kesadaran dalam menjalaninya, sayangnya tidak ada sekolah menjadi orangtua, padahal orangtua adalah profesi yang penting,

    BalasHapus
  13. Cukup menarik bukunya. Jadi bisa belajar tentang ilmu parenting yaa lewat tulisan ini. Semoga bisa aku terapin nanti kalau sudah ketemu jodohnya dan memiliki anak. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  14. Untung keponakanku tak sulit diatur. Cuma kadang ada ngeyelnya juga sih. haha

    BalasHapus
  15. Reaksi pertama saya kadang menghadapi anak yang nggak bisa diatur itu marah. Masih susah kendaliin perasaan itu

    BalasHapus
  16. Parenting, noted banget deh ini ilmunya. Suatu saat pasti berguna.
    Anw mbak, kalau boleh saran sub sub heading yang berwarna biru itu lebih baik kalu menggunakan tulisan underline biar keliatan. Nuhun mbak :))

    BalasHapus
  17. Bukunya menarik, bisa jadi koleksi wajib bagi orang tua, sayangnya kok ga cetak ulang ya...

    BalasHapus
  18. Dear anak²u, aku mencintai kalian sepanjang masa

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger