Ini Urutan Skincare dan Make up yang Tepat, Jangan Terbalik!

Jumat, 12 Januari 2024

Memiliki kulit wajah yang terlihat sehat, cerah dan glowing adalah dambaan setiap wanita. Sebuah pernyataan logis diungkapkan oleh kebanyakan wanita masa kini bahwa tidak perlu memiliki wajah putih untuk tampil cantik yang penting terlihat cerah dan sehat, sehingga membuat orang di sekeliling kita pun nyaman ketika berinteraksi dengan kita. Untuk itu perlu kiranya kita membekali diri dengan pengetahuan bagaimana membuat kulit kita menjadi cerah dan sehat.


Seperti halnya Nana, sahabatku yang satu ini, selalu merawat wajahnya secara seksama baik di pagi hari maupun malam hari. Nana memberitahu aku, jika ingin memiliki wajah yang sehat dan cerah sangat penting merawat diri dan juga mengetahui cara penggunaan urutan skin care dan make up yang tepat.


Menggunakan skincare saja tidak cukup, tapi urutan penggunaan skincare malam atau pagi harus tepat. Untuk itu yuk, jangan malas merawat wajah dengan skincare dan juga membubuhkan make up agar tampil segar di setiap aktivitas harian kita. 


urutan skincare dan make up

Nah, malam ini rencananya aku bakal ke kamar Nana. Aku ingin mendengarkan penjelasan dari Nana bagaimana mengaplikasikan urutan skin care dan juga make up yang tepat.


Duh, nana ini memang jagonya kalau soal skin care dan make up, secara panganan dia sehari-hari mantengin vlog dan blog beauty influencer. Sudah banyak video tutorial dari para beauty antusias yang dia pantengin dan hatam dia simak, seperti Kiara Leswara, Suhay Salim, Tasya Farasya, Rachel Goddard, Fatya Biya dan lainnya.


Makanya, buatku Nana adalah kamus berjalan dalam perkara kecantikan. Hebatnya dia ini bukan hanya sekedar menyimak, tapi juga langsung mempraktikan apa yang sudah dia dapatkan ilmunya, makanya kulit wajahnya pun glowing, kenyal dan terlihat sehat bagai kulit bayi yang halus mulus. Duh,.. duh.


Percaya atau tidak, kulit wajah yang cerah bisa menimbulkan aura positif pada lingkungan kita. Iya, kan? Aku pribadi ketika melihat wajah seseorang cerah, bersinar dan ceria hati pun akan terbawa efek bahagia. Seajaib itu pancaran kecerahan serta keceriaan wajah seseorang terhadap lawan bicaranya.


Coba kalau kita lihat kulit wajah teman kita kusam, apalagi kalau ditambah dengan murung, biasanya akan membawa efek sedih juga ke kita, khawatir dan mungkin bertanya, are you okay? Tul, gak? Itu artinya merawat wajah juga merupakan ibadah, iya, nggak, sih? Iya, donk. Menebar senyum saja itu ibadah yaa, apalagi menciptakan kenyamanan dan menebar kebahagiaan untuk orang lain, tentunya juga termasuk ibadah. Semoga!


Ya sudah langsung saja, yuk dengerin ulasan Nana tentang perawatan wajah menggunakan skincare. Menurut ilmu yang dia dapatkan, dalam  menggunakan skincare ini urutannya harus tepat. Antara urutan skincare malam dan pagi memiliki sedikit perbedaan. Jadi jangan sampai salah pengaplikasian. Demi menjadi wanita smart dan cantik, tentunya perlu usaha, dong, ya. Lalu apa bedanya urutan skincare malam dan pagi?


Urutan Skincare Malam


Kulit akan mengalamai regenerasi di malam hari, untuk itu sangat perlu diperlalukan istimewa. Perawatan kulit di malam hari sangatlah penting agar di pagi harinya kita mendapati kulit tampak cerah dan glowing, kenyal juga sehat.


Setelah beraktivitas sepanjang hari, biasanya kulit mengalami kelelahan akibat terpaan sinar matahari, paparan Ac yang terus menerus, terkena debu dan kotoran serta yang lainnya. Untuk itu di malam hari kulit sangat perlu dimanjakan  untuk menetralisir kondisinya kembali agar kulit wajah terhindar dari kerusakan akibat kekeringan atau malah berminyak berlebihan.


Biasanya jika kulit tidak dinetralkan kondisinya dan mendapatkan perlakuan istimewa di malam hari bisa menimbulkan jerawat atau juga beruntusan. Kulit pun akan menjadi kusam dan hilang kecerahannya.


urutan skincare malam


Lalu apa saja yang harus kita lakukan demi memanjakan kulit kita di malam hari? Ada beberapa rangkaian skincare yang harus kita aplikasikan pada kulit, terutama kulit wajah, yaitu:


1. Double Cleansing


Cuci wajah secara seksama, agar kotoran yang melekat akibat beraktivitas sepanjang hari bisa terangkat, kalau perlu melakukan double cleansing atau pembersihan ganda. Bagaimana caranya? pertama cuci wajah menggunakan susu pembersih atau pembersih yang menggunakan bahan dasar minyak, lakukan pembersihan wajah dengan menggunakan kapas pembersih, setelah itu lanjutkan kembali mencuci wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah atau facial wash

Usahakan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit dan aman, serta aplikasi pembersih wajah dengan hati-hati dan usahakan jangan menggosok terlalu keras, agar kelembaban alami kulit tetap terjaga serta minyak alami kulit tidak rusak.


2. Menggunakan Toner


Urutan skincare malam berikutnya adalah pengaplikasian toner pada kulit wajah. Toner dipercaya bisa menyeimbangkan PH kulit setelah seharian terkena terpaan polusi dan lainnya agar tetap ternutrisi. Penggunaan toner yang tepatpada kulit akan menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan lembab.

Aplikasikan dengan menggunakan kapas, agar kita bisa mengontrol jumlah penggunaannya. Jangan menggunakan toner terlalu berlebihan. Pilih toner yang tepat untuk jenis kulit wajah dan jangan yang mengandung alkohol. Aplikasikan secara merata pada kulit wajah dan leher.


3. Menggunakan Serum


Urutan selanjutnya dalam menggunakan skincare malam adalah menggunakan serum. Serum merupakan vitamin kulit yang berfungsi untuk menutrisi dan mengatasi masalah yang terjadi pada kulit wajah, seperti kulit kering, keriput, atau hyper pigmentasion.


Pilih serum yang pas untuk masalah kulit kita. Jika kita memiliki masalah jerawat, gunakan serum untuk mengatasi dan mengobati jerawat. Peggunaan obat jerawat pun bisa dilakukan di tahap ini. Setelah serum gunakan obat jerawat atau obat lainnya sesuai dengan problem kulit yang sedang Sainers hadapi.


4. Menggunakan Krim Mata


Penggunaan krim mata sangat penting sekali untuk menjaga kelembaban area sekitar mata. Apalagi untuk orang-orang yang sering bekerja berhadapan dengan layar gadget dan sering begadang. Area seputar mata sangat riskan menjadi kering dan timbul lingkaran hitam atau mata panda.


Ulaskan krim mata tipis-tipis saja, agar tidak over penggunaan, karena krim yang terlalu menumpuk akan membuat mata sembab. Jangan lupa untuk menggunakan krim mata yang aman dan cocok untuk kulit Sainers.


5. Menggunakan Pelembab


Menggunakan pelembab adalah pengaplikasian terakhir dalam penggunaan urutan skincare malam. Pelembab atau krim malam bisa digunakan. Jangan skip tahapan ini, karena pelembab sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat dan glowing.


Terutama ketika tidur menggunakan AC. Air Conditioner akan membuat kulit kering dan kehilangan cairan. Pelembab akan mengunci cairan dan menjaga kulit dari kekeringan. Pilih krim malam yang cocok untuk kulit kita serta aplikasikan dengan gerakan memutar sambil dipijat lembut.


Nah berikut tadi merupakan urutan skincare malam yang harus Sainers aplikasikan jika ingin memiliki kulit sehat. Jangan lupa untuk memilih rangkaian produk skincare yang cocok agar kulit wajah sentiasa aman.


Nah, lalu apakah cukup untuk tampil cantik hanya dengan menggunakan skincare saja? Tentu cukup dong. Dengan rajin melakukan perawatan tentunya kulit akan terlihat cerah, sehingga tanpa make up pun wajah sudah terlihat glowing.


Namun tidak ada salahnya juga jika kita membubuhkan sedikit riasan di atas wajah kita agar terlihat lebih charming. Pengaplikasian make up yang tepat dan tidak berlebihan akan membantu penampilan kita nampak lebih segar.


Selain skincare yang pengaplikasiannya harus sesuai dengan urutan yang tepat, dalam penggunaan makeup pun demikian adanya. Ada urutan yang harus disesuaikan agar hasil make up halus dan flawless.


Penggunaan skincare sebelum bermakeup sangat dianjurkan. Jika kita harus ber-make up di pagi atau siang hari, kita bisa menerapkan urutan rangkaian skincare untuk pagi hari sebelum mengaplikasikan makeup pada wajah kita. Apa saja urutannya, yuk kita sarikan ulasan Nana yang disampaikan pada Andin.


Urutan Make up Agar Tahan Lama


Seringkali kita menjumpai seseorang yang menggunakan makeup hampir sama seperti kulit saja namun tampak lebih sehat. Selain itu makeup bisa nempel tahan lama tanpa pecah. Jika makeup pecah membuat penampilan malah seperti aneh. 


Terkadang make up juga menyebabkan Kulit wajah tampak dempul karena pengaplikasian make up yang kurang pas. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ternyata dalam menggunakan make up harus memperhatikan urutan make up agar tahan lama dan hasilnya bisa halus di permukaan wajah. Lalu apa saja urutan memakai make up yang benar?


Sebelum mengaplikasikan make up, ada baiknya kita mempersiapkan kondisi kulit kita terlebih dahulu. Istilah dalam kecantikan biasa disebut Skin Preparation atau disingkat SkinPrep. Skin preparation ini bisa diartikan sebagai penggunaan skincare terlebih dahulu agar kulit terlindungi dari zat-zat kimia yang terkandung dalam kosmetik.


Biasanya penggunaan kosmetik dalam waktu lama dapat menyebabkan kekeringan pada kulit wajah. Skinprep dapat mengantisipasi kekerinagan pada kulit wajah yang disebabkan oleh pemakaian kosmetik. 


urutan make up pemula


Selain itu juga tanpa adanya skinprep di awal sebelum menggunakan makeup, menyebabkan hasil makeup tidak halus, pecah atau retak. Untuk itu skinprep sangat dianjurkan sebelum mengaplikasikan makeup. Lalu apa saja urutan makeup agar lebih tahan lama dan nampak flawless? Lagi-lagi yuk kita dengarkan penjelasan Nana.



1. Gunakan Rangkaian Skincare


Langkah awal sebelum bermakeup ada baiknya kita menggunakan rangkaian skincare yang biasa kita gunakan di pagi hari, yaitu dengan melakukan double cleansing atau cuci muka, setelah itu mengaplikasikan toner, lalu serum, kemudian pelembab dan selanjutnya sunscreen.


Sunscreen sangat perlu digunakan terutama jika ber-make up di pagi atau siang hari. O, iya sebagai catatan penggunaan sunscreen ini sangat penting diaplikasikan meskipun kita hanya di rumah saja. Aktivitas memasak atau memandang gadget juga bisa merusak kulit. Untuk itu kita perlu melindunginya dengan menggunakan sunscreen. Menurut dokter kecantikan kulit pengaplikasian sunscreen pada kulit wajah bisa diulang setiap 2 jam sekali.

 

2. Menggunakan Primer Makeup


Primer berfungsi sebagai base make up. Penggunaan primer sebelum bermake up dapat membantu make up menempel sempurna pada kulit. Penggunaan primer sebelum bermakeup bisa dibilang sebagai pelapis transisi antara kulit wajah dan make up.


Banyak jenis primer yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Penggunaan primer yang tepat dengan jenis kulit dapat menghasilkan riasan yang optimal. Bagi Sainers yang memiliki pori-pori besar bisa menggunakan primer khusus untuk menyamarkan pori. Begitu pula bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Gunakan primer yang bisa menekan jumlah produksi minyak. 


Ketepatan pemilihan primer dapat membantu menghasilkan riasan yang halus flawless dan tahan lama. O, iya, jangan lupa untuk memberikan jeda pada setiap pengaplikasian produk. Biarkan produk kering dan menyerap terlebih dahulu setelahnya bisa diteruskan dengan pengaplikasian produk selanjutnya.


Nah setelah penggunaan skin preparation di atas urutan berikutnya bagi pemula adalah menggunakan alas bedak. Alas bedak yang digunakan bisa berupa foundation atau cusion, sesuai selera. Bagi Sainers yang ingin tampil alami, pengaplikasian alas bedak bisa hanya tipis-tipis saja.


Jika dirasa cukup dengan sebatas menggunakan sunscreen dan primer bisa langsung menggunakan bedak tabur atau translucent powder, untuk meratakan area berminyak pada kulit setelah pengaplikasian skinprep, langkah selanjutnya bisa langsung menggunakan bedak padat. Pengaplikasiannya bisa menggunakan sponge atau kuas, tergantung hasil akhir yang diinginkan.


Jika menginginkan yang full cover bisa menggunakan spon, jika hanya ingin memberikan efek blur bisa menggunakan kuas yang memiliki bulu tebal dan lebar. Tahap selanjutnya tergantung kebutuhan Sainers, bisa dilanjut dengan mengaplikasikan kelengkapan lainnya seperti misalnya dengan menambah beberapa item riasan berikut ini:


Riasan mata 


Riasan mata bisa berupa pengaplikasian eye shadow, maskara dan juga eye liner serta pelengkap keseimbangan dengan memberikan riasan pada alis. Untuk pegaplikasian eye shadow agar tahan lama ada baiknya untuk membubuhkan eye primer terlebih dahulu, selain warna eye shadow bisa lebih pigmented juga lebih tahan lama.


Riasan Pipi


Selain menggunakan bedak, Sainers bisa mengulaskan sedikit blush on pada daerah apple cheek, agar memberikan kesan rona yang memberikan efek segar pada wajah. Banyak Jenis blush on yang bisa dikenakan, ada yang berbentuk cream ada pula yang berbentuk powder yang dipadatkan. Pilihan tergantung pada selera sainers.


Pewarna Bibir


Untuk pewarna bibir terdapat banyak pilihan baik warna maupun jenisnya. Sainers bisa memilih lip cream, lip tint, lip gloss, atau bahkan hanya menggunakan lip liner. Boleh juga hanya dengan mengaplikasikan lip balm atau pelembab bibir jika memang dirasa nyaman.  Semua tergantung selera.


Nah setelah semua urutan skincare dan make up di atas telah diaplikasikan, Sainers telah siap beraktivitas untuk menjalankan hari produktif dengan penuh keceriaan dan tampil percaya diri. Jika Sainers tepat dalam pengaplikasian dan pemilihan produk skincare dan kosmetik yang digunakan, maka riasan yang flawless halus di kulit serta tahan lama bisa didapatkan. Selamat mencoba yaa. Semoga tips dari Nana ini bukan hanya pas untuk Andin tapi juga berkenan di hati Sainers. Happy life with beauty skin.


Referensi


https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/urutan-pemakaian-skin-care/, diakses pada hari kamis tanggal 11januari 2024.


https://www.makeoverforall.com/beauty-highlights/tutorial/begini-9-urutan-make-up-menggunakan-cushion-yang-benar-265, diakses pada hari kamis tanggal 11 januari 2024.


https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-6926396/11-urutan-make-up-yang-benar-agar-tahan-lama-seharian-penuh, diakses pada hari kamis tanggal 11 januari 2024.


https://www.kiehls.co.id/in_ID/skincare-advice/routines/apa-itu-double-cleansing.html, diakses pada hari jum'at tanggal 12 januari 2024.


https://www.tokopedia.com/blog/top-primer-untuk-kulit-berminyak-terbaik-bty/, diakses pada hari jumat tanggal 12 januari 2024.

13 komentar on "Ini Urutan Skincare dan Make up yang Tepat, Jangan Terbalik!"
  1. Urutan skincare & makeup yang tepat sangat menentukan kualitas hasil riasan dan kesehatan kulit kita, ya, Kak Nita.

    BalasHapus
  2. Kalau mau pakai skin care lanjut make up, perlu waktu lebih dari 15 menit ya. Biasanya kalau ada suami baru semua rangkaian make up di pakai. Kalau nggam ya, skincare aja udah cukup

    BalasHapus
  3. aku sebenernya bingung sih mbak nit, untuk toner itu sepenting apa ya? kadang aku pake kadang enggak. kadang malah cm cuci muka trus pelembab tok. hahaa

    BalasHapus
  4. Emang harus diperhatikan, jgn sampe kebalik langkah langkah urutan pakai skincare ya mbak
    Biar hasilnya optimal

    BalasHapus
  5. Sejak menikah sudah tidak pernah pakai make up lagi, skincare pun udah males buat pakai alhasil ni muka kaya borokokok

    BalasHapus
  6. Aku tipe yang 10 langkah juga kalo mengaplikasikan skincare.
    Hehhe, maklum.. se-HAPPY itu kalo liat hasilnya. Minimal, kulitku lembab dan ga jerawatan, aku uda seneng banget. Tujuanku memang mempertahankan kondisi skin barrier yang sehat.

    BalasHapus
  7. Langkah awal skincare-an tentunya mengenali jenis kulit kita, ya. Sebagus apa pun produknya kalau peruntukannya kurang tepat, hasilnya pun tidak akan maksimal

    BalasHapus
  8. Jadi reminder banget nih artikelnya untuk saya Mbak. Rajin menggunakan skincare dengan urutan yang tepat memang wajib ya ternyata. Terutama jika memang mengharapkan hasil yang maksimal dan terlihat di wajah. Begitu juga ketika makeup. Urutan yang pas bisa membuat makeup lebih awet dan rapi di wajah.

    BalasHapus
  9. aku yang lumayan jarang kulakukan itu pakai eye cream eh padahal mataku sekarang banyak kerutannya huhu apalagi aku juga berkacamata jadi ada kantung matanya juga

    BalasHapus
  10. Spill krim matanya kak, hehehe, aku lagi nyari nih, kebetulan sering lembur, mata panda, jenis kulitku kering

    BalasHapus
  11. dari semua itu hanya bagian pelembab mata yang gak aku lakukan dan ndak pernah pakai juga sih hehehe.yeay tapi baca in jadi merasa happy dg apa yang aku kerjain

    BalasHapus
  12. Nah, pakai krim mata belum saya lakukan nih. Makanya mata saya nampak ada lingkaran hitam. Urutan skin care ternyata juga ada ya mbak

    BalasHapus
  13. alhamdulillah selama ini aku udah tepat. Tinggal konsisten aja tiap hari, soalnya kalau udah capek tuh kadang cuci muka doang terus tidur, hehe

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger