Kenali Keamanan Obat Demi Menjaga Kesehatan Keluarga

Selasa, 04 Juni 2024

 Kebahagiaan menjadi seorang ibu sekaligus juga terkadang diselingi rasa bersalah jika tidak bisa memberikan hal yang terbaik untuk keluarga. Cinta memang menjadi dasar yang kuat yang menjadikan alasan seseorang untuk memberikan apa yang terbaik yang dimilikinya untuk orang yang dicintainya, termasuk rasa yang dimiliki seorang ibu untuk keluarganya, terutama kelaurga intinya yaitu suami dan anak-anaknya.


kesehatan keluarga

 

Menjadi seorang ibu adalah tugas yang penuh cinta dan tanggung jawab. Rasa-rasanya ibu yang baik memang akan merasa harus bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berdampak ketenangan, termasuk juga menjaga kenyamanan lingkungan

Salah satu tanggung jawab terbesar yang dirasakan oleh setiap ibu adalah menjaga kesehatan keluarga. Menjaga kesehatan keluarga merupakan tugas yang bisa dibilang sangat menantang. Tetapi juga sangat memuaskan jika kita bisa menyuguhkan dan melakukan hal yang terbaik, apalagi jika anak-anak tumbuh sesuai harapan. 


Berdasarkan rasa cinta dan kasih sayang inilah para ibu selalu harus merasa waspada serta khawatir atas kesehatan keluarga. Rasa khawatirnya membuat orang tua khususnya ibu rela menghabiskan waktunya untuk mencari informasi akurat tentang bagaimana cara menjaga keluarga agar tetap sehat.

 Jika ada anggota keluarga yang sakit ibu pun biasanya tidak akan tinggal diam untuk mencari informasi cara penanganan serta pertolongan pertama yang tepat dari sisi perawatan juga masalah obat yang diberikan. Di era yang sudah canggih seperti sekarang ini, teknologi mampu membuat masyarakat jadi paham beberapa fungsi obat sehingga bisa melakukan swamedikasi demi melakukan langkah awal pengobatan.

Swamedikasi atau upaya melakukan pengobatan ringan biasanya dilakukan terhadap penyakit ringan atau baru mendapatkan gejala-gejala ringan.


Nah, untuk memilihkan obat yang tepat sebagai upaya swamedikasi,  aku sebagai seorang ibu memiliki tips, nih untuk Sainers semua, apa saja sih hal yang harus diperhatikan ketika kita memilihkan obat untuk keluarga sebagai pertolongan pertama yang diberikan?


Menjaga Kesehatan Keluarga dengan Memilihkan Obat yang Aman


Bagaimana cara memilihkan obat yang aman jika salah satu anggota keluarga kita ada yang sakit? O, iya bukan hanya untuk keluarga saja lho, bahkan kewaspadaan ini juga berlaku untuk diri kita sendiri sebagai ibu yang notabene ratu dalam keluarga. Untuk menjaga kebahagiaan dan kesehatan keluarga tentu saja kesehatan diri juga yang paling utama, gimana mau menjaga keluarga jika yang menjaganya tidak menjaga kesehatan dengan prima? So, bahagiakan diri dulu, ya, sebelum membahagiakan orang lain.

Nah, kembali lagi ke permasalahan dalam memilih obat-obatan yang aman. Ada beberapa hal yang aku tahu tentang standar dalam pemilihan obat yang tepat Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memastikan bahwa obat-obatan yang digunakan aman dan sesuai dengan kebutuhan. PAFI (Perhimpunan Ahli Farmasi Indonesia) menyediakan panduan dan pengawasan untuk memastikan obat-obatan yang diberikan kepada keluarga aman dan efektif. 

PAFI banyak membuka cabang pelayanan di berbagai penjuru daerah-daerah yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Sainers bisa menghubungi PAFI setempat untuk mendapatkan keterangan tentang keamanan obat-obatan, Untuk lebih jelasnya Sainers bisa langsung kunjungi website resminya PAFI di https://webpafi.com/


cek keaslian obat



Berikut adalah panduan praktis untuk orang tua dalam memilih obat yang aman menurut pengawasan PAFI.

1. Konsultasikan dengan Ahli Farmasi


Langkah pertama dalam memastikan obat yang aman adalah berkonsultasi dengan ahli farmasi. Ahli farmasi memiliki pengetahuan dan keahlian untuk memberikan rekomendasi obat yang tepat berdasarkan kondisi kesehatan dan riwayat medis keluarga. caranya gimana? kita bisa melakukan konsultasi langsung dengan cara mengunjungi apotek terdekat dan berbicara langsung dengan ahli farmasi.

Selain itu kita juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi yaitu dengan cara memanfaatkan layanan telekonsultasi yang disediakan oleh beberapa apotek atau platform kesehatan online.


2. Pahami Obat yang Diresepkan


Pastikan Sainers memahami obat yang diresepkan, termasuk dosis, cara penggunaan, dan efek samping yang mungkin terjadi. Jangan ragu untuk menanyakan informasi yang tidak kita mengerti kepada ahli farmasi. Hal-hal yang berkaitan dengan resep obat yang harus diperhatikan adalah:
  • Dosis: Patuhi dosis yang direkomendasikan untuk menghindari overdosis atau efek samping.
  • Cara penggunaan: Ikuti instruksi penggunaan dengan tepat, seperti cara menelan, waktu penggunaan, atau apakah harus diminum sebelum atau sesudah makan.
  • Efek samping: Ketahui efek samping yang mungkin terjadi dan apa yang harus dilakukan jika muncul gejala tersebut.

3. Baca Label dan Informasi Produk


Sebagai langkah bijak ada baiknya kita selalu menyembpatkan untuk membaca label dan informasi produk pada kemasan obat. Informasi ini penting untuk memastikan bahwa obat tersebut sesuai dengan kebutuhan keluarga atau tida.  Apa saja yang harus diperiksa pada label obat? Nah, hal ini, nih yang perlu kita cermati dalam label obat.
  • Komposisi: Periksa bahan aktif dan bahan tambahan untuk menghindari alergi atau reaksi tidak diinginkan.
  • Kadaluarsa: Pastikan obat tidak melewati tanggal kadaluarsa untuk menjaga efektivitas dan keamanan.

4. Gunakan Obat Sesuai dengan Resep


Hindari menggunakan obat tanpa resep atau berbagi obat dengan orang lain. Umumnya setiap individu memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda, dan penggunaan obat yang tidak sesuai resep dapat menimbulkan risiko pada kesehatan tubuh kita dan memberikan efek samping yang membahayakan.

5. Simpan Obat dengan Benar


Simpan obat sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasan. Beberapa obat memerlukan penyimpanan di tempat sejuk dan kering, sementara yang lain mungkin perlu disimpan di lemari es. JAdi perlakukan obat-obatan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Karena masing-masing obat memeiliki jenis dan kadar aturan yang berbeda.

6. Awasi Penggunaan Obat pada Anak


Anak-anak membutuhkan perhatian khusus dalam penggunaan obat. Selalu pastikan bahwa obat yang diberikan kepada anak aman dan sesuai dengan dosis yang direkomendasikan untuk usia dan berat badan mereka.

  • Pengukuran dosis: Gunakan alat pengukur yang tepat seperti sendok takar atau pipet yang biasanya disertakan dengan obat anak.
  • Keamanan kemasan: Pilih obat dengan kemasan yang aman untuk anak untuk mencegah overdosis atau kecelakaan.

Secara garis besar, untuk memastikan obat-obatan yang kita gunakan aman untuk dikonsumsi kita bisa menerapkan prinsip KLIK dalam memeriksa keamanan produk. Apakah KLIK itu? KLIK merupakan singkatan dari Kemasan, Informasi produk, Izin edar Produk, Kadaluarsa produk. Keempat hal tersebut harus menjadi perhatian kita sebagai konsumen, bahkan bukan hanya untuk memastikan standar keamanan obat, tetapi bisa juga digunakan sebagai standar pemeriksaan pada aneka produk lainnya yang biasa kita konsumsi untuk menjaga kelayakan penggunaan di setiap produk.


obat yang asli

Keluarga Sehat Bahagia Kebanggaan Ibu


Kejelian seorang ibu memang sangat diperlukan di dalam menjaga kualitas barang dan bahan yang digunakan. Tentu saja peran andil ayah juga sangat diperlukan. Kerja sama yang seimbang akan lebih memudahkan keluarga dalam menjaga stabilitas keluarga.

Saat berhasil menjaga keluarga tetap sehat, ada perasaan bangga dan puas yang mendalam. Melihat anak-anak tumbuh dengan sehat dan kuat adalah salah satu kebahagiaan terbesar bagi para orang tua, terutama seorang ibu.


Lelah pun terkadang tak dirasa, asal tangki cinta selalu penuh maka semuanya bisa terbayar tuntas. Kebersamaan dan dukungan sangat diperlukan. Selain dukungan suami dalam mengupayakan kesehatan keluarga, tentu ayah dan bunda juga harus memberikan edukasi kepada anak-anak dalam masalah menjaga kesehatan badan, kebersihan lingkungan juga kepedulian diri. Tentu saja hal ini akan menjadi kekuatan yang sangat berharga, sehigga masing-masing anggota keluarga bisa saling mendukung dan memeiliki peran dalam menjaga kesehatan bersama.


Kesimpulan


Menjaga kesehatan keluarga memang memerlukan perhatian khusus, terutama ketika memilih dan menggunakan obat-obatan. salah satu jalan yang bisa kita ambil untuk menjaga keamanan obat yang kita konsumsi adalah dengan  berkonsultasi kepada ahli farmasi dan mengikuti panduan yang diberikan oleh PAFI.

Melalui cara ini Sainers dapat memastikan bahwa obat yang digunakan aman dan efektif. Ingatlah selalu untuk memahami informasi obat, mematuhi resep, dan menyimpan obat dengan benar untuk melindungi kesehatan keluarga tercinta, serta menerapkan prinsip KLIK dalam mengkonsumsi semua produk bukan hanya obat.

Dengan panduan ini, semoga kita merasa lebih percaya diri dalam mengelola kesehatan keluarga, dan para ibu bisa mennetukan serta membuat keputusan yang tepat mengenai penggunaan obat-obatan yang diperuntukan sebagai usaha swamedis atau pertolongan pertama. 


Referensi

https://www.pom.go.id/berita/pastikan-obat-dan-makanan-aman-dengan-cek-klik





Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger