Tips Jitu: Hitung Denda Pajak Motor Tanpa Ribet

Jumat, 28 Juni 2024
Sebagai ibu dengan aktivitas rutin sebagai Macan Ternak (Mama Cantik PenganTer aNak ... upsi), dan juga sebagai pengabdi di sebuah lembaga pendidikan, kendaraan bermotor merupakan jalan ninja untuk mengantar ke tempat rutinku menjalankan aktivitas harian. 


denda pajak motor



Misiku adalah mengantar anak ke sekolah lanjut tancap gas menuju tempat ngajar. Punya bestie warna hitam gagah yang liukannya maut dan larinya gesit menjadi partner in crime yang selalu siap sedia mengantarkan aku kemana saja. Sepertinya kendaraan bermotor jadi solusi tepat biar sat set.

Si hitam gagah ini menjadi saksi bisu perjuanganku sebagai emak kece pencari cuan sekaligus juga pendidik generasi harapan bangsa. Halah...

Eitts,..tapi jangan bisanya cuma memanfaatkan saja, ya. Doi juga harus dirawat, dong, agar tetap sehat dan lincah. Sebagai pengguna motor aktif, aku paham banget betapa pentingnya perawatan rutin. Nah, untuk itu aku menjatuhkan pilihan pada Planet Ban sebagai dokter cintanya motor kesayanganku. 

Kenapa aku pilih Planet Ban? Karena mereka punya montir handal yang paham mesin. Jadi, aku nggak perlu banyak instruksi ini itu mereka langsung sat set kasih service terbaik buat para pelanggannya. Mesin motorku dirawat, bannya dicek, oli diganti, pokoknya full service, deh! Spare part-nya juga asli punya, dan yang terpenting, harganya juga nggak bikin kantong jebol!


planet ban bengkel andalan



Nah, ada lagi, nih hal yang perlu diingat biar tetap tenang ketika tancap gas dan nggak was-was. Apakah itu? Yap,... Jadilah warga yang taat pajak!!! Bayar pajak jangan ditunda supaya tidak kena denda.

Karena apa? Karena kewajiban bagi pemilik kendaraan bermotor adalah membayar pajak yang dilakukan setahun sekali. Namun, karena kesibukan dan lamanya jangka waktu membayar pajak, sering kali kita lupa membayar pajak kendaraan bermotor. Iye, kan?

Pajak bermotor harus segera dibayarkan, kalau tidak dendanya akan semakin menumpuk setiap tahun. Keterlambatan bayar malah semakin menambah beban keuangan kita dan tentu saja bisa bikin kantong jebol. Sayang, kan! padahal uang denda itu bisa kita alihkan jadi dana perawatan buat motor kesayangan kita, Betul tidak? (Ciri khas emak banget. Perhitungan!!!)

Pasti ada yang bertanya-tanya, berapa ya besaran denda telat bayar pajak motor? Bagaimana cara menghitungnya? Tenang saja, mudah kok! Yuk, simak  penjelasanku sampai selesai ya, ada tips juga supaya teman-teman tidak lupa bayar pajak motor. Agak serius, nih ngejelasinya, so, jangan diskip yaa, serius, deh, ini penting pake banget!

Bagaimana Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak Motor?


Tertulis dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 36 tahun 2008, jika pembayaran pajak kendaraan bermotor terlambat lebih dari 2 hari tapi kurang dari 1 bulan, hitungannya tetap masuk 1 bulan.

Sedangkan, dalam pasal 74 UU No. 22 tahun 2009 disebutkan bahwa STNK yang tidak didaftarkan lagi setelah 2 tahun habis masa berlakunya, akan dihapus dari daftar registrasi Kepolisian.

Duh, ini akan jadi masalah baru, semakin ribet dan pusing jadinya. Jangan sampai ada masalah baru ya. Yuk, kita hitung kisaran denda telat bayar pajak motor 1 tahun.

Denda dikenakan 25%. JIka lebih dari itu akan dikenakan biaya SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Rumus Perhitungan Denda Pajak Kendaraan Bermotor


Lihat  Pajak Kendaraan Bermotor atau disingkat PKB yang biasanya btercantum pada Surat Tanda Nomor Kendaraan atau disingkat STNK
Denda: 25%
Jumlah Bulan Keterlambatan: Dihitung sejak jatuh tempo
Denda SWDKLLJ: Rp. 32.000,-

Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor


Denda = (PKB x 25%) x (Jumlah bulan keterlambatan/12) + (Denda SWDKLLJ)
Denda = (Rp 200.000 x 25%) x (12 bulan/12) + Rp. 32.000,-
Denda = Rp. 82.000,-
Jadi, denda yang harus kamu bayarkan adalah Rp. 82.000,-

Jika ingin melunasi pajak, maka yang dibayarkan adalah:
PKB + denda = Rp. 150.000,- + Rp. 82.000,- = Rp 232.000,-

Mudah kan cara menghitungnya? Untuk keterlambatan dua tahun atau lebih, tinggal sesuaikan saja jumlah bulan keterlambatannya. Semoga kita dimudahkan keuangannya agar bisa melaksanakan kewajiban sebagai warga negara yang baik dan tidak kena denda telat bayar pajak motor.

Oh iyaa, aku mau mengingatkan bahwa jangan sampai termakan berita hoax di media sosial yang mengatakan bahwa ada bebas bayar pajak berkendara ya! Kayanya nggak mungkin yaa pajak bisa bebas begitu, hehe.

Kalaupun ada denda yang gratis, pajak pokoknya kan harus tetap dibayarkan untuk menunjang prasarana kita juga sebagai pengguna jalan. Pajak yang dibayarkan akan dikelola lagi untuk masyarakat manfaatkan fasilitasnya.

Jangan berharap deh ada pemutihan denda pajak motor. Daripada menunggu yang tidak pasti, lebih baik dibayarkan saja toh?


tips bayar pajak motor



Tips Tidak Telat Bayar Pajak Motor


Agar tidak telat bayar denda pajak motor, aku punya tips yang bisa kamu coba praktikan agar tidak lupa karena ada segudang kesibukan. 

Mencatat Tanggal Jatuh Tempo


Pencatatan ini penting banget loh. Setelah kita dapat tanggal pembayaran pajak bermotor, segera catat di kalender rumah atau note handphone.

Udah jadi Ibu, jadi mudah lupa bahkan untuk hal-hal yang kecil. Mudah lupa membuatku jadi terstruktur untuk mencatat setiap agenda dengan melingkari tanggal di kalender. Jadul sih, tapi cukup membantu aku yang mudah lupa ini.

Kalau suami juga lupa kan semakin tidak dibayarkan pajaknya, jadi menumpuk dendanya. Kalau istri ingat bisa sama-sama saling mengingatkan untuk bayar pajak.

Menabung Dana


Jika mendadak langsung bayar terlihat besar jumlah nimonalnya. Untuk meringankan agar tidak terasa sulit, siapkan dana dari gaji bulanan atau hasil usaha.

Kamu bisa menyisihkan setiap bulannya hingga terkumpul. Kadang, kita hanya memikirkan cicilan motor per bulannya tanpa ikut mengalokasikan pajaknya. Hayooo, siapa yang begini?

Bayar Sebelum Jatuh Tempo


Jika kamu khawatir lupa, lebih baik jika ada uangnya segera dibayar sebelum jatuh tempo. Bisa kok, dibayarkan tidak harus menunggu jatuh tempo. Malah bagus kan?

Jadinya nggak kepikiran tentang pajak melulu. Kita bisa fokus pada hal lain yang mungkin lebih urgent untuk dikerjakan.


Bayar Setiap Awal tahun


Jika tidak ingin kena denda di awal tahun berikutnya, kamu bisa memprioritaskan bayar pajak setiap awal tahun. Biar nggak lupa dan kena denda telat bayar pajak motor sepanjang tahun.

Di akhir tahun kan biasanya pekerja juga dapat bonus akhir tahun dari kantor, bisa kita manfaatkan dananya untuk membayar pajak, jadi lebih tenang dan nggak khawatir lagi kalau sudah dibayar di awal.


Download Aplikasi Bayar Pajak


Hidup di serba digital turut merubah sistem pembayaran pajak bermotor. Kalau dulu kita antri berjam-jam untuk bayar pajak, sekarang tinggal klik saja dari rumah, pajak bermotor sudah terbayarkan.

Teringat dulu orang tua selalu malas kalau harus bayar pajak motor karena antrinya yang lama sungguh menyita waktu seharian. Kegiatan kita kan bukan hanya untuk antri saja, masih banyak pekerjaan yang menanti.

Sekarang bye-bye antri, sudah banyak metode pembayaran yang bisa digunakan. Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Download aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) juga sebagai pengingat untuk membayar pajak biar kamu nggak lupa karena aplikasinya muncul terus di handphone, haha. Terus gimana bayarnya?

Mudah sekali, kamu hanya perlu download dan isi form untuk kelengkapan administrasi sesuai data diri kamu. Udah deh, kamu tinggal bayar dan selamat kamu sudah menjadi warga negara yang taat pajak!


Kesimpulan


Gimana, gimana, Apakah tips cara membayar pajak motor ini membantu Sainers? Jangan ditunda lagi yaa! Kalau bisa jangan sampai kena denda. Terlanjur lupa? Hitung-hitung dulu jumlah tepatnya biar tepat siapin fulusnya.

Pasang alarm di HP, buat sticky note gede di kulkas, bisa juga nih, dipakai sebagai pengingat diri supaya nggak lupa. Ingat! Tepat bayar pajak artinya bebas dari denda, ini sama kayak nabung untuk masa depan. 

Lumayan, kan duitnya bisa dipakai yang lain. Ssstt ... bisa dipakai beli oli atau service di Planet Ban. Haha...emak-emak banget yakSelain itu kita juga nggak takut kena tilang atau deg-degan pas ketemu pak polisi di jalan, hihi.

Pokoknya biar nyaman saat berkendaraan, jangan lupa 3B, Ban, Bensin dan bayar pajak tepat waktu! Ini, nih yang jadi pegangan aku supaya bisa ngegas tanpa was-was. Jangan lupa membaca doa juga, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam sukses.



Referensi

https://klikpajak.id/blog/denda-pajak-motor/

https://www.online-pajak.com/tentang-pajak-pribadi/pajak-motor-telat-dibayar-begini-cara-menghitung-dendanya

https://planetban.com/blog/berapa-denda-pajak-motor-telat-1-tahun

36 komentar on "Tips Jitu: Hitung Denda Pajak Motor Tanpa Ribet"
  1. Aku juga serahkan sama ahlinya Planet Ban, haha. Nyaman soalnya di sana dijelasin satu-satu dan harganya pas di kantong. Emak-elmak nggak mau ribet dan perhitungan jadi jangan sampai telat denda bayar pajak yaaa, sayang dendanya mending buat jajak bakso, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayangnya di Batam belum ada Planet Ban. Saya pernah baca yag taglinenya servis rasa baru itu. Soalnya seringnya motor habis dibawa dari bengkel masih tetap sering macet.

      Hapus
  2. Planet Ban emang kredibel bgt klo soal kebutuhan para biker.
    beneran nyaman dan service nya luarrrr biasa
    mantab

    BalasHapus
  3. wah bisa saya gunakan juga karena beberapa waktu lalu ngalamin keliru bayar denda pajak gara-gara lupa tanggalnya dan pakai aplikasi ini bisa jadi pengingat ya

    BalasHapus
  4. Saya juga mencatat kapan suami kudu bayar pajak, secara pernah kelupaan, eh bayar denda deh
    Sebagai istri kan sangat menyayangkan banget uang sebesar itu dikeluarkan cumacuma. Buat kebutuhan keluarga padahal gak sampai sekali keluar sebesar itu

    BalasHapus
  5. sangat membantu dan bisa langsung dipraktekkan. Membayar pajak motor tepat waktu adalah kewajiban setiap pemilik kendaraan bermotor. Selain itu, hal ini juga membantu meningkatkan pendapatan negara untuk pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik.

    BalasHapus
  6. Wah planet ban andalan aku banget untuk urusan kendaraan, soalnya kalo ngak rutin di service tiap bulan malah bikin kantong jebol kalo kebetulan rusak atau ada masalah. Ngomongin soal pajak jadi inget bulan ini harus bayar wkwkwk.

    BalasHapus
  7. Bener banget kalau pajak motor sudah terbayar mengendarai motor juga jadi tenang, gak perlu was-was, ban, bensin, bayar pajak, wuss nyaman berkendara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak dy, telat bayar pajar tuh walau ga gede banget tapi lumayan buat kebutuhan dapur (mak-mak banget deh pikirannya)

      Hapus
  8. Bener banget mbak, jangan sampai telat bayar pajak soalnya kan lumayan juga. Bisa buat alokasiin perawatan motor hehe.. ibu2 kan suka yang hemat - hemat, apalagi kalau service motor di planet ban pelayanannya terbaik

    BalasHapus
  9. kadang memang kita suka lupa ya bayar pajak motor ini tahu-tahun sudah kelewat tanggalnya dan kena denda. kadang kalau sudah telat gitu orang nunggu pemutihan denda yang biasanya ada tiap tahun. hihi

    BalasHapus
  10. Saya terbiasa menyisihkan dan per bulan untuk membayar pajak, sehingga jika sudah waktunya nayar tinggal ambil dana yang disiapkan itu, ga pakai ribet

    BalasHapus
  11. Planet Ban ini andalan lo, saya beberapa kali diselamatkan karena jam bukanya yang sampai malam, selain itu lengkap pakai banget, alhamdulillah tetap aman dan motor tetap bisa melaju

    BalasHapus
  12. Planet Ban andalan banget kalau motor lagi bermasalah. Sudah itu pengisian angin di Planet Ban Gratis lagi bagi konsumen

    BalasHapus
  13. Nah, hal-hal seperti itu memang penting banget diketahui oleh pemilik kendaraan bermotor. Jadi, gak cukup dengan mampu membeli trus selesai urusan. Tapi, kendaraan juga harus dirawat dan dibayar pajaknya. Harus tau juga caranya kalau sampai kelupaan bayar pajak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, apalagi kebanyakan pada males bayar pajaknya.

      Hapus
  14. udah banyakbaca review planet ban, dan semuanya bilang bagus dan sangat recomended. btw mbak, sayabaru tahucar perhitungan bayar telat pajak. Di rumah ada motor 1yang sudha mati pajaknya, tapi tunggu pemutihan.

    BalasHapus
  15. Planet ban memang keren banget dalam melayani pelanggan dan memiliki kualitas motor terbaik

    BalasHapus
  16. Saya suka lupa urusan pajak-pajak ini. Terbiasa di handle suami. Makasih ya mba tips vara.mengjitung dendaan pajaknya...jadi lebih mudah memperkirakannya. Tapii doa saya sih tegap sam semoga tidak kena denda dan bisa bayar pajak tepat waktu hehe

    BalasHapus
  17. Pakai motor selalu bisa satset yaa, ka..
    Alhamdulillah, servisnya di Planet Ban dan panduan banget untuk taat aturan dengan membayar pajak kendaraan bermotor secara tepat waktu. Motivasinya, tentu biar ga ribet kena denda. Huhuhu..mayan juga dendanya yaa.. Terlambat sehari, terhitung terlambat sebulan.

    BalasHapus
  18. buat orang yang awam soal perbengkelan, aku juga suka banget sama planet ban, montirnya bisa diandalkan, dan kita jadi bisa pilih ban sesuai motor dan dompet hehe sambil konsul, cocok buat yang ga suka nawar-nawar harganya juga sudah paten, ga asal getok kaya beberapa bengkel konvensional huhuhu

    BalasHapus
  19. Kalau saya pasang reminder di HP, jadi sebelum jatuh tempo udah diingatkan.
    Tapi pernah juga beberapa kali telat sih, gegara entar-entar mulu bayarnya, hehehe.
    Paling ga enak kalau harus bayar denda

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah belum pernah telat. Tapi penting banget sih tahu menghitung kalau telat bayar pajak STNK, biar kebayang berapa denda yang dibayar dan bisa lebih pas nyiapin budgetnya

    BalasHapus
  21. Eh ada aplikasi signal buat bayar pajak toh, aku baru tahu. Aku lebih sering lupa bayar pajak dan berakhir denda. Emang nggak ada sih free pajak, kalau pemutihan denda pajak ada. Tapi tetep aja harus bayar pajaknya hahah. Btw, Planet Ban emang oks banget buat jadi dokcin aka dokter cintanya motor kita hihi

    BalasHapus
  22. Lumayan bikin pusing juga mesti ada bayaran tambahan seperti pajak. Tapi, gimana pun sebagai penduduk memang harus patuh. Yamg penting gimana caranya kita bisa on time bayar biar enggak kena denda

    BalasHapus
  23. Biaya pajak motor tahun ini naik ya... Lumayan nih dua bulan ngurusi dua motor bayar pajak dan ganti plat. Memang harus diagendakan untuk nabung servis dan pajak. Jadi nggak kaget pas waktunya bayar heheh

    BalasHapus
  24. dulu aku kira Planet Ban cuman urusan ban aja, ternyata juga bisa ganti oli dan servis pada umumnya.
    Terakhir kali aku ke Planet Ban cuman ganti ban aja dan kualitas ban yang dijual di Planet Ban juga bagus-bagus

    Urusan pajak kendaraan juga bikin aku was-was mbak, kadang pelupa. Aku usahakan untuk mengingat melalui note di handphone dan sekarang bayarnya pakai e-commerce biar lebih gampang, dan praktis menurutku, kita tinggal print bukti bayar pajaknya tanpa harus datang ke kantor samsat

    BalasHapus
  25. Waduh kayaknya motorku kelewatan bayar pajak. Perlu hitung pakai cara di atas nih. Trus kupikir bebas denda pajak beneran ternyata belum tentu yah. Mungkin bunganya aja yang berkurang.

    BalasHapus
  26. Aku juga pernah telat bayar pajak motor dan kapok deh ga mau telat lagi tapi baca artikel ini jadi tau cara ngitung pajak motor kayak gimana

    BalasHapus
  27. Bermanfaat banget nih. Nggak pernah kepikiran berapa denda pajak kendaraan bermotor. Cumaaa ada tuh kerabat yanh sudah telat bayar pajak lamaaaaa banget. Pas aku hitung, ternyata dendanya lunayan juga ya. Duh, kalau ditunda-tunda bayarnya gimana nantinya ya...

    BalasHapus
  28. Informasi yang berguna kak, boleh kucoba tapi apakah aplikasi ini tersedia di kotaku ?

    BalasHapus
  29. Kalau bisa kasih catatan di kalender sih agar tidak lupa bayar pajak motor ya kak. Aku biasanya gitu. Soalnya kalau telat baayr pajak motor ada denda ya

    BalasHapus
  30. aduh kok saya telat mulu, alhasil bayar denda deh huhu. Ternyata ada perhitungannya ya mbak, komplit banget ini. Btw Planet Ban deket rumah, udah paling top masalah motor

    BalasHapus
  31. Wah, aku baru tau cara ngitung denda telat bayar pajak motor. Buat pengendara motor kayaknya wajib tau nih cara hitung denda pajak motor biar bayarnya nggak pake telat lagi hehe.

    BalasHapus
  32. Ada rumus perhitungannya ya, berapa kena denda semisal telat bayar. Cum ya, dari pada kena denda, sebaiknya antisipasi bayarnya tepat waktu biar lebih nyaman

    BalasHapus
  33. Dulu sering telat bayar pajak motor bukan karena lupa, tapi kantor Samsat tempat bayarnya jauh. Jadi harus benar-benar luangkan waktu satu hari utk urusan itu.
    Alhamdulillah sekarang sudah ada mobil Samsat keliling yang hadir tiap Minggu di kecamatan, cukup memudahkan utk bisa tepat waktu bayar pajak motor.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger