Kampanye #KejuAsliCheck, Keju Asli Sempurnakan Kebutuhan Gizi

Sabtu, 11 Desember 2021
Kampanye #KejuAsliCheck,  Keju Asli Sempurnakan Kebutuhan Gizi. 
Rayya bocah cilik berumur empat tahun berambut keriting berlari dari arah teras menuju dapur, sambil mengusap mulutnya yang masih belepotan remah kue. Setiba di hadapan bundanya yang dia sebut mamam, langsung menengadahkan tangannya meminta jatah kue.

“Mamam … minta lagi kuenya Mam!”

“Mamam kuenya enak, Rayya mau lagi, dong Mam, itu kue apa sih namanya?”

Sang bunda menanggapi ucapan Rayya dengan penuh antusias dan bahagia. 

“Oh, … Rayya suka ya kuenya? Enak ya? Mau tau nama kuenya? Ini namanya proll tape keju sayang! Tante Nita yang bikin dan kasih untuk kita.”

Sambil menjelaskan, Ranti memberikan Rayya sepotong proll tape keju yang super moist, gurih, manis dan legit. Rayya menerimanya dengan senyuman yang lebar dan mata berbinar. Ketika kue sudah ada dalam genggamannya, bocah cilik itu langsung menyantapnya dengan lahap. 

"Hmm, … yummy." Rayya menatapku, dan menangkap isyarat mamamnya, lalu dengan nada menggemaskan dia berceloteh.

“Trimakasih kuenya Tante. Rayya suka!” sambil melanjutkan kunyahannya dan mulutnya dipenuhi dengan potongan proll tape keju.

Begitulah celotehan menggemaskan dari seorang bocah yang sedang sangat gandrung dengan camilan berbahan keju. Sengaja aku buatkan untuk sahabatku Ranti, karena sudah lama aku tak bertandang ke rumahnya. Bisa aku pastikan kue proll tape keju ini rasanya sangat moist, manis dan gurih, karena dibuat dengan bahan dasar keju cheddar yang berkualitas.

Pilih Keju Cheddar Kraft  Keju Padat Gizi Bersertifikasi Halal MUI Untuk Pelengkap Kebutuhan Nutrisi Harian




Kampanye #KejuAsliCheck. Keju Cheddar KRAFT, selain memiliki rasa yang gurih, juga padat akan nutrisi. Tinggi kalsium merupakan klaim utama dari produk ini disamping dilengkapi juga dengan 
protein dan vitamin D, yang manfaatnya tak kalah penting bagi tubuh. Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga Kesehatan tulang, gigi, juga sistem pencernaan dan sistem metabolis tubuh yang lain. Dan yang terpenting lagi sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. so, tambah yakin, aja, khan? Pokonya, Aman.

Buat aku pribadi yang masuk ke dalam golongan kaum tak penyuka susu tapi gandrung dengan produk olahan susu, cenderung candu terhadap keju yang satu ini. bahkan seringkali jadi camilan, hehe.

Maka dari itu selain menambah lezat pada panganan, keju cheddar KRAFT juga mengandung nutrisi lengkap, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk si kecil, yang sedang memerlukan banyak nutrisi untuk menyokong proses tumbuh kembangnya.

Seperti halnya Rayya yang gandrung akan kue proll tape bikinanku, bukan semata-mata hanya karena aku pandai membuat panganan kecil, tapi tak urung karena pemilihan bahan dasar yang berkualitas, terutama pada bahan kejunya. Keju cheddar KRAFT menjadikan rasa proll tape buatanku semakin kaya rasa, dan memiliki cita rasa spesial. Pastinya juga kaya akan nutrisi.

Lalu, bagaimana bunda bisa paham kalau keju yang digunakan adalah keju cheddar asli yang berkualitas? Ada caranya, lho bunda. Ada dua hal yang harus bunda perhatikan, diantaranya yaitu:

1. Bunda harus memastikan komposisi dalam kemasan keju cheddar yang bunda beli, bahan Keju ditulis pada posisi pertama (bukan air atau tepung).

2. Kandungan nutrisi harus tertulis pada kemasan.

Dua hal tersebut di atas jangan sampai terlewat ya bunda. Selektif dalam memilih produk sangat diperlukan demi memenuhi kecukupan gizi anggota keluarga. Bukankah bunda adalah staf ahli nutrisionist utama dalam keluarga? Hehe.


Menurut dokter ahli gizi, nutrisi lengkap sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan daya tahan tubuh, terutama di era pandemi ini. 

Tak kalah pentingnya, kecukupan nutrisi sangat diperlukan oleh anak-anak dari sedini mungkin, karena kecukupan nutrisi akan mempengaruhi perkembangan psikomotor kasar dan halus, serta kognitif. Tiga domain ini, merupakan unsur penting dalam melakukan evaluasi tumbuh kembang pada anak.

Bicara tentang perkembangan kognitif pada anak, menurut para ahli dalam sejumlah penelitian tentang nutrisi, kalsium adalah unsur terpenting yang terlibat langsung dalam proses penghantaran sinyal-sinyal pada sistem saraf di otak. Hal ini berpengaruh pada kecerdasan anak. Sistem saraf yang sehat akan membuat anak cepat menerima informasi. 

Keju Cheddar KRAFT mengklaim produknya, mengandung 141 mg kalsium pada setiap takaran sajinya. Ini menandakan bahwa keju asli berkualitas mengandung tinggi nutrisi. Bunda sudah berada dalam posisi tepat jika memilih KRAFT sebagai partner bunda dalam menyajikan menu keluarga sehat.

3 Hal yang Perlu diperhatikan Smart Bunda dalam Menyajikan Menu Si kecil


Untuk anak, kok, coba-coba! Mungkin bunda tidak asing, ya, dengan istilah ini. So, bunda, jangan pernah coba-coba ya, sudah ada yang jelas kualitasnya kenapa harus ragu lagi, dan masih coba-coba? 

setelah bunda yakin akan pilihan bunda. Bunda juga harus cermat dalam berkreasi menciptakan panganan untuk keluarga, terutama yang disukai si kecil, mengingat si kecil adalah sosok yang terkadang moody dalam soal makanan.

 Terkadang hal-hal terkecil mengambil ruang paling besar di hatimu


Menurut Nutritionist, Doktor Rita Ramayulis, dalam menyediakan panganan untuk si kecil, yang perlu diperhatikan ada 3 hal, diantaranya:

1. Penyesuaian Waktu. Bunda harus smart dalam membagi porsi makan si kecil dalam pembagian waktu yang tepat, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan si kecil. Pembagian waktu makan tersebut tercakup dalam jam makan pagi, snack pagi, jam makan siang, snack sore dan jam makan malam. Nah, bunda bisa menyajikan panganan padat nutrisi berbahan keju di dalam jam-jam makan si kecil. Tentunya dengan porsi kecil ya, bund, mengingat lambung anak yang memang masih berukuran kecil.

2. Penyesuaian Jumlah. Dalam pemberian porsi makan untuk anak tidak melulu harus banyak, yang penting padat gizinya. Salah satunya dengan menyisipkan keju di setiap porsi makan si kecil, guna menambah jumlah asupan nutsinya.

3. Penyesuaian Jenis. Hal ini lebih ditekankan kepada kualitas makanannya. Nah, salah satunya bunda bisa membuat kreasi sajian, dengan cara menambahkan keju cheddar KRAFT sebagai kombinasi pada menu si kecil.

Gimana, bunda? Mudah, kan, ya? So, ga perlu pusing lagi dalam memenuhi asupan nutrisi keluarga. Keju cheddar KRAFT, wajib jadi pilihan. Kampanye #kejuAsliCheck.


Bahan Dasar Berkualitas Menciptakan Panganan Spesial


Jangan salah, ya, bunda! Cita rasa sebuah makanan ditentukan juga oleh kualitas bahan dasarnya. Bahan dasar yang berkualitas bagus akan menghasilkan panganan yang memiliki cita rasa spesial. Nah, contohnya proll tape keju ini dibuat dengan menggunakan keju cheddar KRAFT, yang memang sudah terjamin kualitasnya. Kenapa? Karena keju cheddar KRAFT terbuat dari keju Asli New Zealand, yang memiliki rasa gurih asli keju. Dijamin bakal memanjakan indera pengecap kita. Bikin kita ingin memakannya lagi, terus, ... dan terus. Seriusan, deh, ini ga lebay, haha.

Diet kamu adalah rekening bank. Pilihan makanan yang baik adalah investasi yang baik. Bethenny Frankel

Harga memang relatif di atas rata-rata untuk produk sejenis, tapi pastinya rasa juga di atas rata-rata, dunk, bund. So, tetap pada komitmen awal, ya, kualitas adalah utama.


 

Inspirasi Olahan Pangan Berbahan Dasar Keju


Bunda berharap si kecil suka ngemil tanpa merasa terpaksa dan tersiksa? Cerita tentang Rayya yang bolak-balik minta nambah terus dan terus kue yang dicicipinya, pasti membuat hati bunda tergetar dan gemas. Langsung, deh, ngarep kalo anaknya bisa doyang ngemil juga. Apalagi kalo si kecil kebetulan senang pada aksi GTM alias Gerakan Tutup Mulut atau seorang picky eater yang acapkali bikin bunda pusing tujuh keliling dalam menyajikan menu untuk si kecil.

Jangan sedih, ya, bunda! bisa dicoba, nih, kreasi simpel dari dapur Insnita, camilan yang jadi kesukaan Rayya, yaitu Proll Tape Keju. Ketika si kecil mampu menghabiskan berpotong-potong kue ini di salah satu jam makannya, bunda tak perlu khawatir lagi akan asupan gizi harian si kecil. Dengan tambahan Keju Cheddar KRAFT, telur, tapai singkong dan bahan lainnya, asupan nutrisi si kecil makin kumplit.




Selain karbohidrat menurut Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPP PERSAGI) tapai singkong juga dilansir mengandung banyak nutrisi lainnya seperti lemak, fosfor, protein, dan kalsium. Nah, bunda, makin kumplit…plit aja, ya, nutrisinya, apalagi ditambah keju cheddar KRAFT yang diklaim memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian, tambah semangat deh berkreasinya. Yuk bunda masuk dapur dan kita siapin bahan-bahannya!

PROLL TAPAI KEJU





Bahan 1:

400 gr tape
120 gr Susu kental manis (3 sachet)
100 gr Keju Cheddar Kraft, diparut

Bahan 2:

4 butir telur
100 gr gula pasir

Bahan 3:

100 g Terigu pro rendah\ sedang
1\2 sdt garam
1\2 sdt vanila

Bahan 4:

150 ml santan kental (dari satu sachet santan instan 65 ml campur dengan air jadi 150)
100 Margarin\butter cairkan

Bahan 5 untuk topping

80 - 100 gr Keju chedar parut atau sekitar 1\2 kotak atau sesuai selera.
Kismis jika suka

Olesan Carlo

Digunakan sebagai bahan anti lengket kue ke loyang yaitu terdiri dari
1 SDM minyak
1 SDM margarin
1 SDM terigu
Aduk bahan Carlo hingga tercampur rata

Cara Membuat:
  • Haluskan dan campur bahan 1, lalu sisihkan, bisa menggunakan food processor atau manual dibenyek-benyek menggunakan garpu.
  • Kocok bahan 2 sampai gula larut, lalu masukkan bahan 1, aduk sampai tercampur rata.
  • Masukkan bahan 3, ayak terigu agar tidak menggumpal, aduk sampai benar2 tercampur rata.
  • Olesi loyang dengan Carlo, aku pake loyang ukuran 20×20×4.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.
  • Panggang dalam oven yg telah dipanaskan selama 10 menit sebelumnya dengan suhu 180'C.
  • Panggang adonan 20 menit menggunakan api atas bawah, setelah itu keluarkan dari loyang, olesi permukaan adonan dengan kuning telur, lalu taburi keju dan kismis.
  • Panggang kembali selama 20 menit menggunakan api atas bawah, lanjut 10 menit menggunakan api atas saja. Tes tusuk. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Selamat mencoba yaa bunda, tetap semangat mengurus keluarga, dan jangan lupa untuk memilih produk pangan berkualitas untuk penuhi asupan nutrisi keluarga. Yuk, kita gunakan keju asli untuk sempurnakan kebutuhan gizi. Kampanye #KejuAsliCheck. Salam sehat.

REFERENSI

https://www.alodokter.com/manfaat-keju-yang-sayang-untuk-dilewatkan
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/biomedik/article/view/31830/32088
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-tape-singkong/
https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Siaran-Pers.docx
https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Lembar-Fakta.docx
https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-kalsium-untuk-tumbuh-kembang-anak





57 komentar on "Kampanye #KejuAsliCheck, Keju Asli Sempurnakan Kebutuhan Gizi "
  1. Memastikan kandungan gizi setiap makanan itu hal yang wajib dilakukan pertama kali sebelum kita makan makanan tersebut, ya Mbak.
    Apalagi yang akan dimakan oleh buah hati kita.

    Wah ... resep prol tapenya layak dicoba nih mbak. Enak banget keliatannya. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaa, betul banget, silahkan dicoba mba, ini jenis yg ekonomis tpi tetep enak, apalagi kejunya pake kraft. Hehe...

      Hapus
  2. Artikelnya menarik, lengkap, dan ilmiah. Resepnya juga kreatif.

    BalasHapus
  3. suka banget pake keju buat olahan makanan keluargaku. g cuma lezat tp bergizi. trims tips dan info keunggulan keju cheddar ini. Memang suka beli keju Kraft dan siap sedia di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, keju memang jadi favorit keluarga. jadi tambah gurih kalo ada taburan keju...

      Hapus
  4. Masya Allah. Jadi ngiler liat kue kreasi Tante Nita. Keju KRAFT emang juara bikin masakan jadi lebih istimewa 💞

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllahu,...andai dekat aku kirimin juga deh. apa sih yang engga buat mentor keceh sekeceh Mba Nia...peace...:)

      Hapus
  5. Wah resep Proll Tapenya menggiurkan. Apalagi ditambah keju pilihan.. beneran bikin ngiler..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dipraktekin mba,....gampang tinggal aduk2 aja, simpel tapi enak...

      Hapus
  6. Lihat kue proll tape yang kelihatan yummy dilidah bikin menelan ludah nih.
    Wah ngomongin keju ini artikel lengkap banget ya. Jadi sadar bahwa cari keju itu jangan asal murah aja ya tapi harus tahu komposisi asli keju. Jujur saya juga suka dengan tambahan keju pada beberapa masakan saya dan sy pilih keju tetangga,namun dengan artikel inj jadi sadar bahwa harga murah itu bukan jaminan keaslian dan baiknya komposisi si keju. So,saya akan lenih selektif lagi nih dlm memilih keju ga asal-asalan keju. Makasih artikelnya mbanfaat sekalu ditambah resep yg patut kita ekskusi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mba Budwi,...tambahan keju di masakan emang nambah bikin gurih, namabah kalori, bagus buat si kecil asal jangan kebanyakan kalo buat bundanya,...bisa nganan teruus..hehe

      Hapus
  7. ngecess nih mbak nita, jadi pengen cobain proll tape kejunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh mbaa... jangan gitu dung...takut dosa nih akyuu...hihihi....praktek langsung ya mba, simpel tapi enak.

      Hapus
  8. Hmmm, ... resepnya wajib dicoba nih. Sebagai penyuka tapai dan keju, pantang melewatkan yang satu ini. Terima kasih sudah berbagi, Mbak. 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo dicoba, mbaa,...sama2, trimakasih sdh berkunjung.

      Hapus
  9. Ulasannya lengkap, informatif dan detail. Plus ada bonus resep Proll Tape Keju pula yg nampaknya yummy sekali 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. yummy bingits mba,...bikin nagiih.hehe

      Hapus
  10. Emang Kraft cheddar ini rasanya beda dari cheddar merek lain. Lebih milky, lebih harum, lebih gurih. Kalau dimasak harumnya kemana-mana

    BalasHapus
  11. Mb Nita kampanye #KejuAsliCheck benar-benar buat kita melek dengan label pangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,....jadi males beralih ke yang lain ya mba...

      Hapus
  12. Kraft emang keju andalanku dan mama sejak kecil. Enak gitu, yang pastinya bergizi. Gampang juga ditemuin di toko-toko, gak ribet gituuu. Btw, jd ngiler sama kue buatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh langsung praktek mba,..simpel dan enak :)

      Hapus
  13. udah lama gak makan proll tape 🤤🤤🤤 ngileerr

    BalasHapus
    Balasan
    1. gurih manis lembutt,...bikin nagih ya mba...heheh

      Hapus
  14. Ulasannya lengkap banget Bunda, bermanfaat skali untuk para bunda dalam mengolah panganan buat keluarga. Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bunda,semoga semakin semangat mengurus keluarga.

      Hapus
  15. Resepnya boleh ditiru nih. Sepertinya akan disukai semua orang di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ,...mangga mba,..pasti sukaa,..:)

      Hapus
  16. Sama dengan Raya...anak-anak saya juga senang cemilan yang berkeju

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi,....karena rasanya memang familiar di lidah ya mba.

      Hapus
  17. Waw.. Makasih resepnya bundaa... Auto ngiler bayangkan hasilnya

    BalasHapus
  18. Semua panganan keju, suka deh.. trims resepnya...ya..

    BalasHapus
  19. Betul banget kualitas itu yang utama. Biarlah harganya lebih tinggi dari yang lain, asalkan komposisi utamanya beneran keju cheddar. Btw, saya pernah iseng intip komposisi merk lain dan ternyata air ada di urutan pertama. 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuh, Mba. Mudah2an kita selalu diberi kemurahan rizki, ya..

      Hapus
  20. Look prol tapenya bikin ngiler nih! Apalagi pake keju Kraft, favorit anak-anak ini mah!

    BalasHapus
  21. Aku suka proll tape keju. Next coba baking ah

    BalasHapus
  22. Setuju pake bangetttt... kualitas itu utama dan gak bisa diganggu gugat. Kudu smart memilih produk makanan di era sekarang ya

    BalasHapus
  23. kuenya enak banget ka liatnya...:D
    wah artinya aku harus lebih teliti lagi nih milih keju cheddar, untungnya kraft selalu jadi andalan

    BalasHapus
  24. Auto lapar deh lihat hasil bakingnya... Tulisannya juga renyah, mengalir aja...
    Selain padat nutrisi, keju KRAFT cheddar rasanya gurih lezat, disukai semua usia. Semoga kampanye keju asli check ini diperpanjang ya...

    BalasHapus
  25. hmmm...lihat kuenya jadi pengen nih mbak, bloggernya juga cantik. thanks mbak infonya. saat ini kita harus jadi ibu smart ya, terlebih untuk anak, jangan coba-coba. heheheh

    BalasHapus
  26. Wah terima kasih banyak Mbak resepnya, auto nyoba. Apalagi anak saya hobi mengudap camilan yang berbahan keju juga.
    Kebetulan juga stok Kraft Cheddar masih ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba, mba,...emang ini kue enak banget...hehe

      Hapus
  27. Balasan
    1. anak sekarang memang pintar menilai rasa ya...hehe

      Hapus
  28. Aku belum pernah bikin proll tape keju. Ini menggiurkan banget sih. Kirim aja ke aku bisa nggak? Jadi aku nggak perlu bikin sendiri wkwkkw

    BalasHapus
  29. Nutrisi pada keju memang sangat diperlukan tubuh yaitu kalsium. Bagi penggemar keju cheddar tentu harus tau dong gimana memilih produk yg tepat.

    BalasHapus
  30. Keju itu makanan yang serba bisa. Bisa dipadukan dengan makanan asin, bisa pula dipadankan dengan makanan manis. Apalagi kalau kejunya Kraft Cheddar, enaknya double double.

    BalasHapus
  31. Wuah, baru tahu nih kalau keju bisa disandingkan dengan tape dan kelihatannya enak banget. Fix, ini bisa dijadikan referensi dalam menyajikan keju, jadinya enggak monoton deh.

    BalasHapus
  32. Anakku juga sangat suka keju, apapun makanannya kalau dikasih keju, pasti lahap. Malah mereka juga suka banget ngemil kejunya langsung, makanya aku selalu sedia keju kraft yang sudah pasti terbuat dair keju asli.

    BalasHapus
  33. Anakku termasuk yang picky eater nih mba, jadi terinpirasi bikin camilain pakai keju Kraft cheddar.

    BalasHapus
  34. woooow mau dong sekali waktu cobain prol tape kejunya bundaaaa.... open PO ndak?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini tandang ke rumah, mba...nanti kubuatkan...hihi

      Hapus

Trimakasih sudah berkunjung ke inspirasi nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diatara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger