Manfaat Psikologi Agama dalam Dunia Pendidikan

Minggu, 18 Juni 2023

Psikologi agama adalah ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia berdasarkan pada ajaran agama yang dianutnya. Sebagai seorang hamba yang fitrahnya masih lurus sepertinya memang sudah selayaknya menghiasi segala atribut permasalahan keduniawian dengan siraman cahaya ukhrawi, agar jiwa ini bisa tenang.


Psikologi agama membimbing manusia untuk mencapai ketenangan dan kebahagiaan hidup, mengerti dan memahami tugas utamanya sebagai seorang hamba. Minat untuk mengetahui lebih lengkap pembahasan tentang pengertian psikologi agama? Teman-teman bisa kunjungi artikel tentang hakikat psikologi agama dan ruang lingkupnya.


Jika kita telah memahami hakikat dari psikologi agama tentu akan timbul pertanyaan untuk apa kita mempelajarinya? Kira-kira, ada manfaatnyakah? Pertanyaan ini biasanya menjadi pemikiran bagi praktisi pendidikan, yang sehari-harinya berinteraksi dengan peserta didik. Mendidik anak bangsa dan membentuk mereka menjadi generasi yang berkarakter unggul adalah tugas yang diemban dan harus diwujudkan. 


Apa manfaat psikologi agama dalam dunia pendidikan? Bagaimana aplikasinya dalam proses belajar mengajar? Yuk baca lanjut penjelasannya! Besar harapan artikel singkat ini setidaknya bisa membantu teman-teman memberikan  sedikit pencerahan. O, iya, sebenarnya kita juga bisa mengaplikasikannya juga, lho,  dalam kehidupan sehari-hari.


manfaat psikologi agama


Manfaat Psikologi Agama pada Dunia Pendidikan


Apa manfaat psikologi agama pada dunia pendidikan? Dengan psikologi agama diharapkan setiap manusia mampu memahami hakikat sejati dirinya, untuk apa dia hidup, bagaimana dia menjalani hidup, kemana akhir dari hidupnya, karena perilaku keagamaan seseorang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. 

Ruang lingkup psikologi yang berkisar pada kajian kesadaran agama dan pengalaman beragama, diharapkan dapat berdampak secara signifikan terhadap dunia pendidikan. Lalu, apa saja manfaat psikologi agama dalam dunia Pendidikan? beberapa manfaatnya diantaranya, yaitu:

Memberikan Pengetahuan Dasar Agama


Psikologi agama diharapkan dapat membantu para siswa memahami nilai-nilai agama yang dianutnya. Menghiasi pemahamannya dengan dasar-dasar agama. Memotivasi dirinya dalam melakukan segala hal karena kecintaannya pada sang pencipta. 

Menjaga Kesusilaan dan akhlak


Psikologi agama diharapkan dapat membentuk akhlak para peserta didik menjadi pemilik akhlakul karimah. Mampu memuliakan dirinya dan para penduduk bumi. Melalui penanaman nilai-nilai kebaikan yang harus diterapkan pada sesama, anak akan paham batasan dan menjunjung tinggi serta menjaga norma-norma agama yang dipelajarinya.

Sarana Mengatasi frustrasi dan Ketakutan


Psikologi agama diharapkan dapat menguatkan kejiwaan para peserta didik melalui bekal pemahaman agama yang baik dan benar. Nilai-nilai agama yang ditanamkan dan dikaitkan dengan setiap mata pelajaran diharapkan dapat mematangkan pengetahuannya tentang asal muasal kehidupan dan hakikat hidup yang sesungguhnya. 

Ketika diberikan bekal pengetahuan agama diharapkan para peserta didik terhindar dari rasa frustrasi dan ketakutan yang tak beralasan, karena mereka paham bahwa sejatinya kehidupan di dunia ini sudah ada yang mengatur, kita sebagai hambaNya tinggal menjalankan dan meminta kepada Sang Maha kaya untuk kebaikan hidup kita.

Menstimulasi kecerdasan kreatif, Sarana Edukatif dan Membangkitkan rasa Ingin Tahu 


Psikologi agama juga diharapkan dapat menstimulasi kecerdasan para peserta didik dan juga menggali kreatifitas berpikir anak. Ketika anak diajak berdialog tentang makhluk Tuhan yang ada di bumi ini, maka rasa ingin tahu anak akan terstimulasi, sehingga mereka akan memenuhi rasa ingin tahunya dengan banyak bertanya dan juga mencari tahu.

Cara mencari tahu bisa dilakukan dengan berbagai hal, misalnya bertanya kepada gurunya atau kepada orang-orang yang paham serta melakukan diskusi untuk memperdalam pengetahuannya dan memuaskan rasa ingin tahunya. Selain itu bisa juga dengan membaca, menonton, uji coba dan lain sebagainya.

Mengatasi Krisis Spiritual


Memperluas pengetahuan anak dan mengaitkannya dengan kaidah agama diharapkan juga dapat menghindari krisis spiritual dalam diri anak. Membiasakan anak untuk mengenal Tuhan dan agamanya dari sejak dini bertujuan membangun jiwa dan pemikiran anak dengan konsep ke-Tuhanan.

Mendekatkan anak kepada agamanya hakikatnya mengenalkan anak pada hakikat dirinya sendiri. Jika anakmengenal diri dan Tuhannya dengan baik diharapkan anak akan terhindar dari permasalahan krisis spiritual atau permasalahan spiritual.

Menanggulangi Materialistik


Mengenalkan konsep ke-Tuhanan dan mengaitkannya dengan segala urusan yang ada di bumi, diharapkan juga dapat membentuk pribadi yang ikhlas dalam diri anak atau seorag hamba. Segala sesuatu perkara yag ada di dunia ini tidak melulu diorientasikan terhadap untung rugi dalam wujud materialistik.

Diharapkan anak jika melakukan sesuatu tidak melulu mengharapkan material atau balasan dalam berupa wujud benda, baik berupa uang maupun wujud benda lainnya. Ada hal yang lebih penting yang bisa dia peroleh dan harapkan dari hanya sekedar material, yaitu pahala, ketentraman hati, kebahagiaan, ketenangan, cinta, kasih sayang dan lain sebagainya.

Menanamkan Cara Berpikir Positif


Psikologi agama mengenalkan nilai dan kaidah kebaikan dalam setiap peristiwa  dari sudut pandang agama. Agama berisi nilai-nilai kebaikan yang aturannya diciptakan oleh Allah sebagai Tuhan dari manusia. Keberadaannya mutlak dan kebenarannya juga mutlak.

Membiasakan anak bertindak sesuai dengan kaidah agama memiliki arti mebiasakan anak untuk berpikir positif. perhatikan ilustrasi percakapan seorang murid dengan gurunya di bawah ini:

"Ibu, aku sudah belajar sangat keras agar aku bisa dapat rangking pertama atau paling tidak kedua, tapi kenapa aku selalu kalah? Rangkingku pasti selalu di bawah Aisyah, aku, kan, pingin dapat hadiah boneka Barbie seperti yang telah ayah ibu janjikan!"

"Masyaallahu, nak, alhamdulillah, lho, kamu dapat ketiga. Rangkingmu itu adalah buah dari hasil kerja kerasmu pastinya. Lebih semangat lagi belajar, ya. Usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Siapa tahu, Aisyah dan Aira belajarnya lebih keras, bahkan mungkin sampai malam. Itu tandanya Allahu meminta kita untuk lebih semangat lagi. Lagian untuk menjadi seorang putri sholihah dan membanggakan, tidak harus melulu dapat rangking satu, kan, nak? Yang penting akhlaknya juga harus istimewa dan juara, agar disayang Allah dan semua penduduk bumi, okay?!

Nah, percakapan di atas menunjukkan sebuah motivasi untuk selalu berpikir positif, agar anak tidak mudah frustrasi, putus asa dan menilai segala sesuatu yang berharga hanya dalam wujud material. ada hal yang lebih penting yaitu keagungan akhlak. Kriteria akhlak yang agung secara gamlang dijelaskan dalam agama. 

Aplikasi Psikologi Agama dalam Proses Belajar Mengajar


Aplikasi psikologi agama dalam proses belajar mengajar berkaitan erat dengan teori kepribadian Sigmund Freud, teori yang dapat diaplikasikan dalam bimbingan, yaitu bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki kebutuhan dan keinginan dasar.

Seorang psikolog ternama dunia Mortensen melengkapinya dengan merumuskan tiga prinsip dasar yang harus dipegang oleh para pendidik agar bimbingan yang diberikan kepada para siswanya prosesnya dapat berjalan  dengan efektif. Tiga  prinsip bimbingan konseling yang digagas oleh Mortensen dalam proses belajar mengajar diantaranya yaitu:


Memahami Setiap Kebutuhan Individu Siswa


Konseling dan proses belajar mengajar bisa efektif jika pendidik dapat memahami dan mengerti persoalan, sifat, kebutuhan, minat, dan kemampuan anak didiknya. sejatinya setiap anak adalah unik. Mereka memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda satu sama lain. Untuk itu pendidik harus jeli dalam masalah ini.


Usaha Preventif dan Pengembangan Individual


Setiap pendidik diharapkan bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dilakukan oleh para anak didiknya melalui usaha penanaman nilai-nilai baik  Dengan adanya usaha preventif (pencegahan) yang dilakukan diharapkan dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dilakukan oleh anak .

Guru terus memantau pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak dijaga agar tidak turun atau minimalnya bisa tetap bertahan dan stabil. 


Membantu Anak untuk Menyempurnakannya


Dalam proses belajar mengajar, guru diharapkan bisa membimbing dan membantu anak untuk terus berkembang. Pendidik diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan anak.  Terus Membimbing dan mengarahkan anak dengan memperhatikan tingkat kebutuhan dan pengetahuannya.


Penerapan Psikologi Agama pada Pendidikan Anak Usia Dini 


Seorang guru PAUD perlu kiranya membekali dirinya dengan Psikologi agama. Dalam dunia Pendidikan Anak Usia Dini, guru perlu melakukan bimbingan dan evaluasi pada enam aspek tingkat pencapaian perkembangan anak atau dikenal dengan STPPA. Kaitannya dengan aplikasi psikologi agama guru harus mengupayakan untuk mengintegrasikan keenam aspek STPPA ini pada nilai-nilai keagamaan. 

metode psikologi agama



Aspek Moral Spiritual


Dalam aspek moral spiritual guru bisa memberikan pembinaan pada anak dengan cara menguatkan kecintaan anak pada Tuhan sang pencipta ketika guru mengenalkan praktik ibadah, misalnya ketika mengajarkan do'a, salat, berwudhu dan lainnya, sisipkan bahwa ananda harus rajin beribadah agar disayang selalu oleh Allah ta'ala sebagai wujud syukur sudah sangat banya sekali menerima macam-macam nikmat.

Aspek Kognitif 


Dalam aspek kognitif, guru bisa menyisipkan nilai-nilai kebaikan dan ke-Tuhanan ketika mengajarkan berhitung, membaca, praktik sains dan pembelajaran pengetahuan lainnya. Misal ketika sedang belajar membaca, guru bisa menyisipkan konsep syukur kepada anak. 

Bersyukur kalau Allahu sudah memberikan mata, telinga, mulut, sehingga kita bisa melihat, mendengar dan berbicara sehingga sang anak bisa belajar membaca dan jadi bisa banyak tahu.

Aspek Psikomotor


Begitupun dalam mengembangkan aspek psikomotor anak. Ketika mengajarkan meronce, mewarnai, menggunting, bermain lempar bola dan lainnya, psikologi agama bisa disisipkan dalam kegiatan ini, yaitu dengan memberitahu pada anak, bahwa alangkah bersyukurnya Allahu telah memberikan kita tangan, dan indra yang lainnya sehingga kita bisa menghasilkan karya dan bermain-main.

Aspek Bahasa


Psikologi agama bisa banyak dimasukkan dalam aspek ini. Segala komunikasi kita dengan anak bisa dikaitkan dengan nilai-nilai agama. Bersyukur telah dilahirkan ke dunia, bersyukur karena punya ayah dan mamah, sambil terus meningkatkan pengayaan kosakata pada anak dan sekaligus memberitahu arti dan maksud darisetiapkata yang kita ajarkan.

Aspek Sosial Emosional


Psikologi agama pada Aspek sosial emosional bisa diterapkan dengan konsep berbagi, sabar, saling menyayangi, saling menghormati kepada sesama, yaitu kepada teman, kepada binatang, kepada orang yang lebih tua, kepada yang lebih muda dan lain sebagainya.

Anak diberi pengertian tentang konsep berbagi mainan dengan teman sebaya atau mengajarkan agar mau bersedekah pada orang yang kurang mampu. Guru bisa mengembangkan nilai-nilai sosial emosional lainnya yang pastinya banyak sekali yang bisa digali.

Aspek Seni


Penerapan psikologi agama pada aspek perkembangan seni bisa dengan cara menyisipkan nilai-nilai kebaikan lewat lagu dan nyanyian yang diajarkan kepada anak. Ketika anak-anak sedang menggambar pemandangan bisa sambil disisipkan nilai agama, misal ketia anak menggambar pemandangan, guru bisa mengadakan diskusi tantang siapa pencipta matahari, gunung, pohon, sungai dan segala yang ada di bumi. 

Penerapan psikologi agama pada pendidikan anak usia dini di atas bisa dikembangkan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan karakter anak. Guru bisa menerapkannya sekreatif mungkin. Untuk itu mempelajari psikologi sangat bermanfaat sekali bagi para calon guru dan guru.


Kesimpulan


Mempelajari psikologi agama sangat banyak manfaatnya, baik di ranah khusus yaitu di dunia pendidikan maupun di ranah umum, yaitu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemberian  stimulasi yang intens di semua aspek perkembangan anak diharapkan akan membentuk generasi Qur'ani yang memiliki karakter unggul, Sehingga kelak kematangan jiwa beragama akan terbentuk.

Pengaplikasian psikologi agama harus diterapkan pada semua aspek perkembangan anak, yaitu pada enam aspek standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA). Untuk itu mempelajari psikologi agama sangat penting bagi para guru dan calon guru, karena untuk membentuk anak didik menjadi generasi Qur'ani tentunya harus dimulai dari seorang guru yang berkarakter Qur'ani. Semangat mendidik dan salam pengasuhan.

 

5 komentar on "Manfaat Psikologi Agama dalam Dunia Pendidikan"
  1. Psikologi agama bermanfaat sekali ya, Mbak untuk emmbentuk generasi beriman dan bertakwa yang menjunjung tinggi nilai-nilai dalam kehidupan beragama dan sosial. Sesuai dengan tujuan pendidikan ya

    BalasHapus
  2. masyaallah banyak ya manfaatnya, apalagi jika distimulasi dengan cara yang tepat, semoga anak-anak kelak menjadi generasi Qurani yang berprestasi

    BalasHapus
  3. Menarik sekali mbak bahasannya tentang psikologi dalam perapektif agama. Mungkin sedikit banyak kita sudah mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, namun dengan mempelajarinya akan lebih terukur dan terarah..

    BalasHapus
  4. Saya setuju, di era saat ini penting banget pemahaman tentang psikologi agama. Bukan hanya untuk anak, tapi juga remaja. Bayangkan, berapa kasus tentang bunuh diri dan depresi kerap dialami anak-anak kita di usia pertumbuhannya. Menurutku, harus ada kerja sama antara orang tua dan guru dalam memperbaiki ketahanan mental anak.

    BalasHapus
  5. Saat ini tampak beberapa fenomena Krisis spiritual pada generasi saat ini, disinilah peran psikologi agama harus maksimal, guru dan orang tua harus bersinergi untuk mengenal kan psikologi agama sedini mungkin

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger