Tampilkan postingan dengan label Ceritaku Ceritamu. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Ceritaku Ceritamu. Tampilkan semua postingan

Tradisi Angpao Lebaran Sebuah Jalan Memperbanyak Rezeki dan Mengikat Kasih

Jumat, 22 April 2022

Angpao lebaran. 

Ramadhan perlahan mulai mendekati akhir singgahnya, orang-orang sudah mulai menyiapkan berbagai rangkaian acara yang harus segera ditunaikan demi menyambut kedatangan hari lebaran atau hari raya Iedul Fitri yang akan segera tiba. Termasuk angpau lebaran!


angpao lebaran


Jika kita singgah di mini market, sudah banyak jajaran amplop-amplop cantik dan lucu ditawarkan di etalase toko, bahkan terpajang di meja kasir untuk memudahkan kita menggapainya. Yang tadinya ga kepikiran untuk belipun, karena posisi yang strategis dan terlihat langsung, jadi mendorong kita untuk membeli juga pada akhirnya.


Sebagai seorang sulung, saya dan suami berusaha untuk bisa menyisihkan rezeki kami bahkan dari jauh-jauh hari, demi bisa mengisi amplop-amplop lucu di hari fitri yang akan dibagikan pada sanak kerabat serta orang-orang terdekat. Tetangga kampung, asisten rumah tangga, fakir miskin, anak yatim, serta orang-orang yang pernah berjasa bagi kehidupan kita, dari mulai tukang kebon, tukang bangunan, penjaga kuburan keluarga, dan lainnya. Kami usahakan agar bisa masuk daftar list.. MasyaAllahu tabarakallahu, tidak lah terlalu banyak, disesuaikan dengan kemampuan saja.


Hal ini bisa menjadi penyemangat kita untuk terus berkarya. Bisa berbagi dengan sesama menimbulkan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri bagi banyak orang, khususnya bagi saya pribadi. Pun bagi orang-orang yang kecipratan sedikit rezeki (namanya juga kecipratan, ya, ini mengandung arti kiasan sedikit, kalo banyak, sih, namanya kesiram atau keguyur, hehe). Konsep berbagi dapat memberikan dampak positif bagi orang yang memberi maupun yang menerima, untuk itu sisipkan niat positif agar hasilnya juga positif. 

 

Buat saya pribadi, ketika saya kecil dulu, momen bagi-bagi angpao atau biasa kita sebut sebagai THR (Tunjangan Hari Raya) di hari raya Iedul Fitri merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Jauh-jauh hari diantara sepupu pasti  sudah membuat rencana-rencana kegiatan untuk menghasbiskan uang angpao lebaran atau THR menjadi topik pembicaraan saat acara buka bersama keluarga atau dalam obrolan ringan lainnya. Duh....indahnya masa kecil.


tradisi THR lebaran


Ketika zaman kecil dulu. Terkadang saya menggunakan uang THR yang didapat, untuk membeli barang impian, baik berupa baju atau buku, atau sekedar pernak-pernik lucu. Cita-cita sederhana, namun meninggalkan kebahagiaan yang tiada tara. Saling pamer berapa banyak uang THR yang didapatkan juga mewarnai perbincangan seru di kalangan sepupu dan kerabat, dan teman-teman. Orang yang dapat banyak uang THR melebihi yang lainnya, kadang juga berbaik hati untuk kasih traktiran. Penuh suka cita.


Paman, uwa dan tetangga yang selalu menyisihkan rezekinya untuk memberikan angpau biasanya selalu dibayang-bayang dan diharapkan untuk mengulang lagi rutinitasnya tiap tahun agar terus tetap bisa bagi-bagi angpau. kalo kata orang sunda mah dililimpi. Makin banyak yang berinisiatif untuk membagikan angpau, pertanda makin makmur dan sejahtera isi dompet, hehe. Indahnya masa anak-anak, kadang terbersit ingin kembali lagi ke masa itu. 


Ketika sudah dewasa saya memaknai momen ini sebagai ungkapan kasih sayang dari orang-orang dewasa yang sudah berkemampuan kepada anak-anak atau kaum kerabat. bukan hanya kaum yang tidak beruntung saja, terkadang yang sudah berkecukupan ekonomipun mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan uang THR. Bisa dinamakan juga sebagai uang cecep atau kadeudeuh kalo kata orang Sunda. Biasanya ini dilakukan oleh kaum muda ke kaum sepuhnya sebagai rasa syukur jika sudah diterima kerja atau mendapatkan rezeki berlebih.


Momen berulang sebagai penyambung kasih sayang. Pun demikian dengan saya, jika punya rezeki berlebih, saya terkadang menyisihkan untuk para sesepuh kerabat saya, yang ketika saya kecil dulu sering sekali dikasih uang jajan atau uang angpau yang lumayan banyak. Nah ini bukti bahwa hadiah itu bisa mengikat tali kasih sayang. Goresan perhatian yng diberikan kepada kita sangat membekas, dan menimbulkan keinginan dalam diri kita untuk bisa berbuat hal serupa dengan apa yang sudah kita terima.


Manfaat Tradisi Memberi Angpao Saat Lebaran


Lebih meluas lagi maknanya jika kita kaitkan pada unsur agama. Menyisihkan rezeki yang kita punya akan mendapatkan ajr (pahala) yang berlimpah dari yang maha kaya Allahu Ghaniy ( maha kaya). Berikut beberapa manfaat tradisi angpao saat lebaran:


  1. Mempererat tali silaturahmi. Agama memerintahkan kita untuk menebar kasih sayang diantara sesama. Memberikan angpao pada saat lebaran merupakan salah satu wujud menebarkan kasih sayang terhadap sesama.
  2. Membuka jalan shodaqah. Shadaqah di dalam Islam memiliki pembagian tingkatan. yaitu infaq, zakat, hadiah. Angpao masuk ke dalam hadiah. Banyak sekali manfaat dari shodaqah, diantaranya memanjangkan umur dan meluaskan rezeki, menciptakan kebahagiaan, menyehatkan badan dan lainnya. Rasulullah Sallallahu 'alaihi bersabda dalam riwayat Baihaqi bahwasannya "Datangkanlah rezekimu dari Allah melalui Shadaqah"
  3. Menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang
  4. Menguatkan rasa cinta dan sayang


Semoga kita dimampukan untuk bisa saling terus berbagi terhadap sesama. BAik melalui jalan memberikan angpao atau THR saat lebaran, atau dalam kesempatan apapun. Dalam sebuah hadits Qudsi Allah ta'ala berfirman bahwa kita diperintahkan untuk menafkahkan harta, karenanya Allah akan melipat gandakan dan memberikan nafkah harta kepada kita. Shadaqallahul adzim wa shadaqa rasulillah. Salam ukhuwah.






6 Fakta Unik yang Dimiliki Indonesia

Selasa, 29 Maret 2022
Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya, Indonesia sejak dulu kala, tetap dipuja-puja bangsa. Indonesia tempat kelahiran yang selalu dibanggakan dan diridukan. Bagi saya Indonesia adalah tempat ternyaman, tempat kembali pulang yang tak mungkin tergantikan, kecuali negeri akhirat, hehe. Diberi kesempatan oleh yang Maha Ghani untuk bisa menjejakkan kaki di wilayah bumi  lain selain Indonesia, membuatku tak surut untuk tetap mencintai Indonesia sebagai tanah air beta. Semoga Allah tetap memelihara Indonesiaku. Pusaka abadi nan jaya.


fakta unik indonesia



Dalam rangka membuktikan rasa cinta pada Indonesia, saya mencoba mengumpulkan kelebihan-kelebihan Indonesia dari banyak negara lain di dunia ini. Banyak sekali hal unik yang dimiliki Indonesia yang belum banyak kita ketahui.  Sebagai negara maritim dan kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau. Mulai pulau-pulau yang besar sampai pulau-pulau yang kecil. Bukan hanya banyak, tetapi indah dan molek.

Setiap pulau ditempati orang-orang yang memiliki keunikan tersendiri, karena didukung pula dengan kondisi lahan dengan keunikan masing-masing. Karena warna-warni yang beraneka Indonesia memiliki slogan "Bhineka tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi satu jua. Walau berbeda Bangsa Indonesia bertekad untuk tetap bersatu saling bahu membahu.

Kenali dulu, yuk Indonesia Kita!


Sekilas kita kenali kondisi geografis Indonesia, biar rasa sayang kita semakin bertambah dalam. sehingga rasa memiliki kita terhadap bangsa ini semaki kuat melekat. Semoga kita semua bertekad menjaga Indonesia selayaknya kita menjaga dan menyayangi diri kita sendiri, atau bahkan lebih.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada di Benua Asia Tenggara, dilalui garis khatulistiwa, terletak di antara benua Asia dan Australia, dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Ukuran panjang wilayahnya dari timur ke barat sekitar 3. 200 mil( 5. 100 kilometer), dari utara ke selatan sekitar 1. 100 mil( 1. 800 kilometer). Perbatasan negara bagian darat dengan Malaysia di sebelah utara Pulau Borneo / Kalimantan, Papua Nugini di tengah Pulau Nugini, serta Negeri Timor Leste di tengah Pulau Timor.


(Wilayah Indonesia ditunjukkan oleh gambar berwarna merah)



Sumber: www.gramedia.com


Indonesia memiliki berbagai suku, bahasa dan agama, wilayah paling barat yaitu Sabang di tanah Aceh hingga wilayah paling timur yaitu Merauke di tanah Papua. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Bangsa Indonesia diduga berasal dari ras Mongoloid Selatan/Austronesia dan Melanesia, jumlah penduduk terbesarnya adalah ras Austronesia, terutama di Indonesia bagian barat. Suku Jawa adalah suku terbesar, prosentase jumlahnya sekitar 42% dari total penduduk Indonesia.


 Jelajahi 6 Fakta Unik yang Dimiliki   Indonesia !!


Keragaman pulau, suku, budaya, dan agama, membuat Indonesia memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki negara lainnya. Diantara beberapa keunikannya adalah:

1. Negara kepulauan terbanyak di dunia. Undang-Undang no 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia menyebutkan bahwa Indonesia memiliki pulau besar dan kecil sebanyak 17.508 buah. Dalam perjalanan panjangnya ada empat pulau yang terlepas dari kedaulatan Indonesia yaitu Pulau Sipadan, Ligitan, Yako dan Pulau Kambing.

2. Hutan bakau terbesar di dunia. Indonesia memiliki hutan bakau (mangrove) seluas 3,36 juta hektare, merupakan yang terluas di dunia. 20% mangrove dunia ada di Indonesia.

3. Wilayahnya berada di ring of fire (cincin api dunia). Posisi Indonesia berada di wilayah lingkaran cincin api pasifik yang menjadi pertemuan tiga lempeng tektonik dunia, yaitu Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik. Letak geografis Indonesia yang seperti itu menyebabkan bencana alam berupa gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami menjadi lebih berpeluang.

4. Memiliki bunga langka (bunga bangkai) di dunia
. Amorphophallus titanum adalah satu dari beberapa jenis bunga bangkai yang sangat besar jika sedang mekar dan langka. Bunga ini hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis Pulau Sumatera.

5. Memiliki sisa hewan purba terbanyak di dunia. Hewan purba yang masih hidup yaitu komodo. Binatang ini menempati sebuah pulau yang berada di wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur), kawasan Indonesia timur.

6. Suku bangsa terbanyak di dunia. Sensus penduduk Badan Pusat Statistik tahun 2010 menyebutkan bahwa Indonesia ternyata memiliki sekitar 1.340 suku bangsa. Merupakan jumlah suku bangsa yang paling banyak berdomisili dalam suatu negara.


Selain itu indonesia pun memiliki jumlah populasi penduduk terbesar nomor empat di dunia, setelah China, India, dan Amerika Serikat. Pemeluk Islam terbanyak di dunia, disamping beberapa pemeluk agama lainnya yang hidup berdampingan, rukun dan damai. Memiliki bahasa daerah, dan budaya terbanyak di dunia. Fakta Amazing lainnya Indonesia pemilik garis pantai terpanjang di dunia.

Keanekaragaman budaya menjadikan Indonesia kaya akan hasil pangan, kreasi tangan, bahasa yang beragam, kekayaan alam yang berlimpah, dan masih banyak lagi keindahan Indonesia yang tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata. Pemandangan yang eksotis, reka budaya yang menarik, membuat Indonesia benar-benar layak dicintai.

MasyaAllahu Tabarakallahu, beruntungnya kita memiliki dia. banyak sekali kelebihan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia ini. Wahai Indonesiaku, berdamailah terus dengan kami. Wahai Rabbku yang maha kuat, jagalah Indonesiaku. We love you for ever. Ciyus ini mah ga lebay. luv...luv...luv so..much...Indonesiakuh. Salam cinta tanah air.



Referensi


Pengaruh Letak Geografis Indonesia dan Dampaknya. gramedia.com

Kondisi Geografis Indonesia : Letak, Kondisi Daratan, Sistem Drainase, Cuaca, Keadaan Penduduk dan Persebaran Flora Fauna (seputarpengetahuan.co.id)

Nadia Faradiba, 2022, Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya (kompas.com)

Fakta Unik Indonesia Yang Harus Kamu Tahu! - Best Seller Gramedia

KKP | Kementerian Kelautan dan Perikanan.

KLHK: Indonesia Punya Luas Mangrove Terbesar di Dunia | Lingkungan (gatra.com)

Indonesia di Lingkaran Api Pasifik | Indonesia Baik

Macam-Macam Bunga Bangkai di Indonesia (foresteract.com)

8 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia - Nasional Katadata.co.id

Terbanyak di Dunia, Indonesia Miliki 1340 Suku Etnis (suarapemerintah.id)

World Population Clock: 7.9 Billion People (2022) - Worldometer (worldometers.info)

Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia - IBTimes.ID

12 Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia - IlmuGeografi.com

Ide Bisnis Unik dan Kreatif

Jumat, 25 Maret 2022
Ide bisnis kreatif dan unik yang dijalankan anak-anak gadisku ini berawal dari mencoba-coba membuat kreasi tangan yang didapatkan dari tutorial youtube. aku sendiri sebagai ibunya tidak banyak ikut campur tangan dan membantu dalam kegiatan bisnis kecil-kecilan mereka. Mudah-mudahan hal ini menjadi modal pendidikan yang berkesan sampai mereka tua.

Sampai pada suatu hari aku kedatangan paket yang isinya bikin penasaran, karena anak-anak sama sekali tidak bilang dan juga minta uang untuk membeli barang tersebut. Cerita sikit, ya plends.



ide bisnis kreatif


"Paket ... paket ...", terdengar suara teriakan dari luar. 


Aku berusaha mencari sumber suara babang kurir dari balik jendela kamar. Ya,... dari balik jendela kamar, tempat aku menghabiskan sebagian besar hariku. Maklum lah ya emak blogger, kerjaannya banyak di depan layar, jadi aku pilih kamar tidurku sekaligus menjadi  ruang kerjaku. Praktis!! Itulah yang menjadi alasan utama. Ketika penat datang, dan pinggang sudah mulai cekot-cekot, ada sang kasur yang siap menampung bobot tubuhku yang saat ini sudah lumayan berat. hehe...


Bergegas aku tarik hijab yang tergantung di kapstok dan langsung kukenakan. Segera aku menghampiri babang paket. 


"Dengan kediaman Sheeraz?" Si Babang bertanya. Di tangannya ada sebuah kardus dengan ukuran sedang. aku mencoba mengingat, namanya memang asing, tapi kok kaya pernah dengar.Untung otakku ini bisa cepat menangkap, soalnya kadang-kadang suka rada lemot. Haha. Ya,..teringat kalo nama itu nama pena anak sulungku.


"Betul, Pa, trimakasih", jeprat jepret sebentar mengikuti permintaan babang kurir, langsung balik badan masuk ke dalam, pingin segera menyampaikan paket ini pada si empunya, rada penasaran, juga sama isinya.


Aku hampiri kamar si gadis. "Ada paket, nih, Teh, belanja apalagi, sih?". pertanyaannya rada menyelidik. Si teteh menimpali.


"Ini, lho, Mi, Teteh sama Ade mau jualan gelang handmade yang bisa custom inisial atau nama sendiri".


Sembari menerangkan Si Teteh unboxing paket dusnya. Perlahan, karena memang dusnya bener-bener dililit solasiban rapih. jadi perlu sedikit sabar dan hati-hati agar isi dalam dusnya tidak terkoyak. Ketika berhasil dibuka ternyata paketnya berisi sepaket peralatan kerajinan tangan untuk membuat gelang.


ide jualan kreatif


Segulung tali kur dan mute huruf menyembul dari balik kardus yang bagiannya telah terobek. 


"Wah...hebat amat Teteh sama Ade mau jualan, emang bisa bikinnya?"


"Bisa, udah liat tutorialnya di youtube, gampang kok" Seloroh Si Ade menimpali.


"Iya, Mi, gampang kok, ada gunting, korek api, sama lilin, kan, Mi?"


"Coba liat saja di kotak prakarya!"Aku menimpali


Mulailah kedua anak gadis ini bergerak, Si Adek membuka bungkus  plastik dan mengeluarkan isinya. Mencoba memisahkan bagian-bagian huruf yang sejenis ke dalam kantong-kantong yang berbeda, tujuannya agar memudahkan pencarian huruf yang akan digunakan, dalam pembuatan gelang nantinya.


Si Kakak mencoba mempraktikan tutorial pembuatan gelang dari tali kur yang didapat dari youtube. awalnya merasa kesulitan karena belum mengetahui teknik yang tepat. Tapi selang berapa lama aku perhatikan mereka sudah berhasil membuat beberapa gelang, dengan beberapa huruf inisial dari teman-teman mereka.


Alhamdulillah, dua anak gadisku ini bisa saling bahu membahu saling mendukung walaupun masih bisnis kecil-kecilan, minimal melatih jiwa wirausaha mereka sedari kecil. Si adek jadi seksi pembukuan dan distribusi,  Si Teteh jadi bendahara dan seksi produksi.


Sistem pendistribusian mereka lakukan melalui foto koleksi hand work mereka yang dipasang di status whatsapp atau di instagram story dan di instgram feed. Ternyata cukup bekerja, beberapa teman tertarik dan memesan gelang hasil karya anak-anak gadis ini, bahkan reorder, karena ingin memilki gelang sejenis berinisial nama sambungnya, atau dengan nama utuh dan juga nama belakang. Masyaallahu tabarakallahu, laris manis tanjung kimpul, dagangan laris duit ngumpul.


Anak-anak sebenarnya tidak terlalu aku arahkan secara serius untuk belajar berwirausaha, sesekali saja kadang aku berujar kepada mereka agar bisa berupaya menjadi hamba yang produktif agar mereka kelak menjadi insan yang memiliki kemerdekaan finansial, bahkan bisa banyak memberi kepada orang lain. filosofilama yang sudah sangat familiar aku perkenalkan pada mereka bahwa tangan di atas lebih baik daripadatangan di bawah. Ssaling menghormati kepada yang lebih tua dan menghargai kepada yang muda adalah konsep pendidikan karakter yang aku tanamkan kepada mereka secara terus menerus dari sejak dini.


Masih ada lagi  bisnis mereka yang lain, yaitu berjualan Sheet Mask,  dan sotong hasil buatan mereka sendiri. Terhitung lumayan juga hasilnya. Mereka mencoba melirik pangsa pasar kaum ABG alias anak baru gede yang cenderung penasaran terhadap produk baru, apalagi jika berkisar dalam produk skin care, pasti langsung jatuh hati dibuatnya. tak ayal juga berbisnis makanan, makanan juga produk yang terus menerus dikonsumsi, untuk itu bisnis pangan ini cenderung terus maju ke depan jarang sekali jika sudah memiliki pasar akan berhenti total, karena setelah seseorang jatuh cinta terhadap rasa dan tekstur dari suatu makanan, maka akan terus menerus candu untuk memakannya lagi dan lagi. Reorder lagi, deh jadinya.


seperti kata pepatah, buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya. Keinginan mereka untuk berwirausaha bisa jadi juga terinspirasi dari ibunya yang juga memiliki usaha kecil-kecilan dalam bidang fashion dengan brand sendiri. Walau belum terlalu berkembang, tapi sudah cukup lumayan mensupport keuangan keluarga. Ikhtiyarku untuk menerapkan metode pendidikan yang digadang oleh pakar pendidikan Islam Syeikh Nashih Ulwan yaitu agar kita para orang tua dalam upaya membentuk karakter anak diperlukan metode mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan keteladanan, mendidik dengan nasihat, dan mendidik dengan pengawasan, sedikitnya telah menampakkan hasil yang melegakan. MasyaAllahu Tabarakallahu.


referensi baju muslimah casual
Template by Canva dimodifikasi oleh ins-nita.com


Atas segala apa yang diusahakan berharap semoga ke depannya bisa lebih maju dengan menemukan jalan kemudahan dan kenyamanan. Aamiin.


Salah satu ide bisnis kreatif di atas semoga bisa dijadikan referensi buat teman insnita, siapa tau berjodoh dan bisa jadi salah satu income yang mensupport keuangan keluarga, atau kalo mau semuanya dicoba juga boleh. Selamat berkarya dan mengupayakan segala lelahnya menjadi Lillah. 

Arti Seorang Sahabat

Sabtu, 12 Maret 2022

Arti seorang sahabat. Layaknya sebuah surat cinta yang aku dedikasikan untuk sahabatku, yang selalu sigap menemaniku dan menerima segala kekuranganku. Meyakinkan aku, membuat aku memandang hidup ini lebih bermakna. 


Manusia sebagai makhluk sosial memiliki fitrah yang dibekali oleh Rabb-Nya. Berusaha menjaga fitrah ini agar tetap lurus merupakan kewajiban yang mutlak harus dijalani. Bukanlah hal yang mudah untuk membuat kecenderungan diri selalu ke arah yang positif, namun bukan juga hal yang terlalu sulit jika kita mau mendesain diri kita untuk selalu mengupayakan dan cenderung kepada hal yang bisa menjaga fitrah dalam diri kita untuk tetap lurus. 


Setiap individu memiliki cara yang berbeda-beda dalam usahanya untuk menjaga fitrah. Menurutku salah satu hal yang membuat fitrah kita bisa tetap lurus adalah perasaan yang bahagia, selalu nyaman dan ringan dalam melangkah mengisi hidup. Salah satu cara menciptakan keadaan ini adalah menghadirkan sosok yang bisa mengerti dan selalu mendukung kita. Sahabat! Orang yang tepat untuk kita jadikan partner untuk berjalan berdampingan mengisi hidup kita agar lebih bermakna. Membawa kebahagiaan dan rasa aman serta nyaman.





Arti Seorang Sahabat


Mendukung keberadaannya sebagai makhluk sosial, manusia sudah pasti membutuhkan teman dalam hidupnya. Beban hidup seolah teringankan dengan adanya teman apalagi teman yang begitu dekat, atau biasa kita sebut sebagai sahabat. kok, bisa? Bisa banget! Coba bayangkan! Jika kita  tertimpa masalah pelik yang jika kita ceritakan pada orang yang tidak tepat bisa jadi aib buat kita, tapi jika tidak diceritakan bisa jadi penyakit buat jiwa. Di sini sahabat begitu berperan. berperan sebagai teman curhat, berperan sebagai teman berbagi, berperan sebagai penenang atau bahkan bisa juga berperan sebagai problem solver.


Berartinya sahabat dalam hidup kita dan begitu butuhnya manusia terhadap seseorang yang mampu memahami dirinya,  memberi pembuktian kuat terhadap  teori psikoanalisis Sigmund Freud tentang manusia dalam konsep ego yang menyatakan bahwa manusia adalah makhluk yang butuh disayangi, dicintai, dipahami, dimengerti, didukung dan lainnya. Hadirnya sahabat dalam kehidupan setiap insan bisa menjadi penguat atas pernyataan teori ini.


Dilansir dari Wikipedia, bahwa persahabatan merupakan hubungan dua entitas atau lebih yang dilandasi dengan pengetahuan, penghargaan dalam ikatan setia untuk saling menasehati dan tolong menolong. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia entitas dimaknai sebagai wujud atau segala sesuatu yang berwujud. Manusia adalah makhluk yang memiliki wujud. Manusia butuh tempat berbagi, butuh sahabat, untuk melengkapi keberadaannya.


Rasulullah salallahu 'alaihi wa salam pun memiliki sahabat yang selalu mendukung perjuangannya. Menemaninya saat susah dan senang, merasakan perjuangan dan menikmati kemenangan bersama, sehingga ketika Rasululullah ditinggalkan dan akhirnya meninggalkan, menoreh duka yang teramat dalam di kalangan para sahabatnya. Inilah Konteks makna persahabatan tertinggi.


Sahabat bisa muncul dari berbagai sisi, teman yang begitu dekat dikatakan sahabat, ibu bisa menjadi sahabat kita, suami juga bisa menjadi sahabat kita, adikpun bisa merangkap menjadi saudara dan juga sahabat. ketika menemukan seseorang yang dirasakan nyaman, dan bisa diajak saling berbagi dan mengisi serta memiliki kemuliaan hati, saat itulah kita bisa menjadikan seseorang tersebut sahabat bagi kita.


Sahabat Selalu Ada di Sisi dan Di hati


Sahabat adalah paket kumplit yang bisa diajak dalam berbagai suasana dan event.  Seperti halnya ketika kita ingin melakukan hobi atau refreshing dari segala kepenatan, yang diingat pertama untuk menjadi partner seru-seruan adalah sahabat. 


Secuil cerita antara aku dan sahabat. Ketika mendengar kabar teater cinema mulai dibuka lagi keinginan untuk menikmati suasananya mulai menari-nari. Secara selama ini bioskop ditutup karena alasan pandemi.  Nonton ga asyik kalo sendirian menurutku, karena ga ada teman  buat diskusi. Kebetulan aku memang tipe orang yang suka sekali berdiskusi. 


Keinginan menyaksikan film favorit dengan kualitas gambar dan suara yang memuaskan menjadi agenda dalam waktu dekat yang harus ditunaikan, apalagi thriller film "Makmum 2" yang diperankan oleh Tikam alias Titi Kamal, sudah gencar wara-wiri di berbagai platform sosial media. Spontan aku langsung teringat pada sahabatku Wafa, si periang yang energik dan penyuka film bergenre horor, untuk digaet sebagai partner nobar. Dia adalah orang pertama yang terbayang dalam pikiranku, karena dia partner yang asyik buat diajak seru-seruan bareng bermakmum ria. Pengalamannya yang konon bisa melihat penampakan membuat hal-hal horor menjadi menarik dan menyenangkan buat dia, hihi. Wafa adalah sahabat, yang selalu kuingat pertama kali ketika aku susah atau bahagia.


Tanpa pikir panjang kupesan tiket bioskop untuk kami berdua di XXI, tanpa harus menunggu konfirmasi dari Wafa, karena aku pikir ini surprise yang aku jamin dia bakal suka banget. Begitu pahamnya aku terhadap makhluk satu ini, karena kami sudah bersahabat sangat lama, bahkan bisa dikatakan sejak kami pertama kali mengenal dunia, haha. Satu lagi  hal yang mendukung aku begitu dekat dengannya adalah mamahku dan mamahnya juga bersahabat sangat dekat dari sejak mereka muda belia. Klop dan unik!


Kuhubungi Wafa dan bikin janji untuk bertemu. Alhamdulillah ini bocah jarang banget nolak kalo diajak, asal tau waktu, kapan dia free, dia pasti siap menemani. Kami memutuskan untuk bertemu di sebuah warung bakso. Sambil mengaduk jus alpukat kesuakanku,  kukatakan bahwa 2 tiket sudah ada di tanganku saat ini. Bakso yang sedang dia santap seketika dia hempaskan kembali ke dalam mangkok, sembari membelalakkan matanya, dia bangkit dan langsung menghambur ke arahku,  berlonjak kegirangan langsung memeluk dan sedikit mengangkat badanku. Berusaha mengelak aku pun berontak sok jual mahal. haha.


Wafa adalah seorang sosok multitasking kalo menurutku, bukan hanya klop diajak untuk hal-hal heboh, tapi juga bisa diajak berpikir hal-hal berat tentang berbagai ilmu pengetahuan. Wawasannya luas dan cenderung banyak tahu, mungkin karena dia adalah seorang kutu buku dan memiliki pergaulan yang luas juga. Bukan hanya asyik diajak kegiatan yang seru dan nyantai, tapi asyik juga diajak ke event yang butuh berpikir serius bahkan ke kelas seminar yang memiliki tema berat sekalipun. Dia partner diskusi yang mempuni. Mampu memberikan masukan berkualitas bahkan yang  konyol sekalipun. Si pengguna kaca mata minus lima ini memang TOP BGT, masyaallahu tabarakallahu.


Itulah kami, selalu saling mendukung satu sama lain, saling membutuhkan satu sama lain, bahkan terkadang ketergantungan. Status kami sebagai sahabat sudah melebihi layaknya saudara kandung. Dia, Wafa adalah sahabat, yang selalu kuingat pertama kali ketika aku susah atau bahagia, teman curhat yang super asyik. kami saling menghargai satu sama lain, memiliki minat yang sama walau bakat tak serupa. Mungkin faktor kesamaan yang banyak yang menjadikan aku dan Wafa begitu sangat dekat dan saling membutuhkan. 


Untaian Kata Indah untukmu Wahai sahabatku


Kutujukan ungkapan hati ini untukmu. Layaknya sebuah surat untuk sahabat. Hadirmu pasti sudah ada dalam skenario Allah Azza wa jalla, bukan tanpa alasan, memang dihadirkan untuk bisa saling melengkapi.  Begitupun aku,  Allah menghadirkan aku, juga untuk melengkapimu. Kamu sangat berarti bagiku, tangisku akan pecah jika sampai kau meninggalkanku terlebih dahulu. Manusiawi, kan? 


Ketika kita berjalan bersama dan berbagi cerita tentang filosofi kehidupan, kita bisa saling merenung dan berusaha untuk memahami dan meresapi. Jika kita berbagi hal-hal receh kita bisa saling tertawa terbahak-bahak, sampai lupa bahwa tertawa berlebihan bukan hal yang baik, dan ketika sadar kitapun saling mengingatkan. Dunia ini serasa bermakna dengan hadirmu. Dunia ini tak berwarna tanpamu. Kau ada karena ku ada. Say Alhamdulillah to Allah Khaliq sang pencipta. Di balik ketidak sempurnaan kita, Allah sediakan sosok pelengkap sebagai penyempurna hidup kita. Untukmu sahabatku. Ana uhibbuk fillah. Aku mencintaimu karena Allah.






Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger